Jasat seorang wisatawan asal Irlandia, Valintina Lee saat dievakuasi kedalam mobil ambulan. Photo: Istimewa
Mataram,- Seorang wisatawan asal Irlandia, Valintina Lee (26), ditemukan tewas mengapung di perairan Gili Trawangan, Lombok Utara, pada Rabu (21/2/2024) sore. Korban diduga meninggal akibat kecelakaan saat menyelam di lokasi yang dikenal sebagai Deep Turbo.


Berdasarkan data yang diterima, korban bersama seorang dive master bernama Mujir menyelam di Deep Turbo sekitar pukul 15.00 Wita. Lokasi tersebut memiliki kedalaman sekitar 12 meter dan terkenal dengan keindahan terumbu karangnya.


Namun, saat kembali ke permukaan, Mujir tidak melihat korban bersamanya. Ia kemudian mencari korban dan menemukannya dalam keadaan mengapung di air. Mujir segera meminta bantuan kapten boat, Suhaidi, dan crew kapal untuk mengevakuasi korban.


Korban sudah tidak sadarkan diri dan keluar darah dari mulut dan hidungnya. Korban kemudian dibawa ke pantai dan dilaporkan kepada pihak kepolisian di Gili Trawangan.


Sekitar pukul 17.30 Wita, tim gabungan Basarnas dan Polairud tiba di Gili Trawangan untuk melakukan evakuasi lebih lanjut.


Korban merupakan wisatawan yang menginap di Villa Coconut Driem di Gili Trawangan. Pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kematian korban. 


Kasat reskrim Polres Lombok Utara, Iptu Gufron Subeki saat di konfirmasi membenarkan atas kejadian meninggalnya WNA asal Irlandia tersebut. 


"ya benar, saat ini anggota masih berada di lokasi (gili trawangn. red.)" kata Gufron melalu saluran telphon kepada rnetnews.com


Sementara itu, jasat WNA tersebut sudah dievakuasi ke Mataram, untuk dilakukan proses visum et repertum.


"jasadnya telah kita evakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Mataram, untuk dilakukan visum dan tindakan lainnya untuk mengetahui penyebap kematian dari korban" tandasnya. (red.)