TpYiGfAoGfYiGUCpGSGoTUr8TA==

Keris, Seni, dan Budaya di Sasambo Creative Fest Motocross Lombok Sumbawa Competition 2023.

Keris, Seni, dan Budaya di Sasambo Creative Fest Motocross Lombok Sumbawa Competition 2023. Photo: RNETnews. 

Mataram - Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTBL,menjadi saksi sejarah bagi para pecinta keris se-Indonesia. Pada Jumat (24/11/2024), mereka meramaikan ajang Nasional Lombok-Sumbawa Motocross Competition 2023. 


Salah satu paguyuban yang ikut berpartisipasi adalah Paguyuban Keris Anjani Lombok. Paguyuban ini menampilkan sejumlah koleksi keris buatan maupun keris peninggalan. Saiful, warga Seganteng Kota Mataram yang tergabung dalam paguyuban ini, mengatakan bahwa keris koleksinya bukan hanya untuk dipamerkan saja, melainkan dijual juga. 


"Beberapa keris peninggalan yang saya dapat, saya akui didapat dari perburuan saya ke desa-desa di daerah lain di Indonesia," katanya.


Harga keris yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 1,5 juta untuk keris buatan hingga puluhan juta untuk keris peninggalan. 


"Keris-keris ini tidak hanya kami pamerkan, namun juga kami perjual belikan, atau kami barter denga koleksi keris teman-teman dari luar daerah lainnya"ujarnya.


Saiful mengatakan bahwa keris buatan biasanya dibuat oleh para empu keris yang masih ada di Lombok. Sedangkan keris peninggalan biasanya berasal dari era kerajaan-kerajaan di Nusantara, selain itu Saiful berharap dengan ajang ini, mereka dapat memberikan edukasi kepada generasi milenial tentang keris. 

"kami juga berharap melalui ajang ini, kami bisa memberikan edukasi kepada generasi muda kedepannya, akan nilai-nilai sejarah, agar generasi muda tidak menganggap keris sebagai benda yang menyeramkan, dan mistik" tandasnya. 


Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Maladi, mengapresiasi kehadiran para paguyuban keris di acara ini. Ia berharap, melalui acara ini, bisa menjadi platform berkelanjutan untuk memperkenalkan keris kepada generasi muda. 


"Keris itu tidak identik dengan hal-hal berbau mistis melainkan memperkuat identitas seni dan budaya," ujarnya.


Jamal juga mengajak masyarakat NTB untuk meramaikan Sasambo Creative Fest, yang merupakan rangkaian acara dari Motocross Lombok Sumbawa Competition. Acara ini berlangsung dari 24 hingga 26 November 2023 dan menampilkan lebih dari 200 UMKM, konser gratis, dan pameran keris yang bertajuk "Pesona Keris di Lombok, Pameran dan Bursa Tosan Aji Nasional Keris Lombok Menyapa Dunia". (red.)



 

Komentar0

Berkomentar dengan mencantumkan link promosi otomatis kami hapus.

Type above and press Enter to search.