OJK Gelar Pasar Keuangan Rakyat di Sumbawa Barat. Photo: Doc. OJK
Sumbawa Barat - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya memperluas akses keuangan bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu upayanya adalah dengan menggelar Pasar Keuangan Rakyat (PKR) yang merupakan kegiatan pameran atau ekspo lembaga jasa keuangan yang menawarkan berbagai produk dan layanan keuangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Minggu (29/10/2023)

PKR di Sumbawa Barat dilaksanakan pada 27-29 Oktober 2023 di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan. Kegiatan ini diikuti oleh 14 lembaga jasa keuangan dan diramaikan oleh 32 stan UMKM. PKR juga dirangkai dengan pelaksanaan kegiatan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Sumbawa Barat yang bertujuan untuk mendorong business matching antara UMKM dan lembaga jasa keuangan.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono mengatakan bahwa PKR merupakan salah satu strategi untuk mendukung pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024. Menurutnya, perluasan akses keuangan dapat menurunkan tingkat kemiskinan dan meningkatkan stabilitas sistem keuangan.

“Melalui akses pembiayaan yang mudah dan murah, penciptaan pusat-pusat kegiatan ekonomi baru di berbagai daerah akan dapat terwujud,” kata Ogi dalam sambutannya pada Minggu (29/10/2023).

Ogi juga berharap bahwa melalui PKR, masyarakat dapat mengenali lembaga jasa keuangan yang legal dan menghindari berbagai penawaran investasi ilegal yang berpotensi merugikan. Selain itu, ia juga mengapresiasi kinerja masyarakat NTB dalam hal literasi dan inklusi keuangan yang telah mencapai angka di atas rata-rata nasional.

“Indeks literasi keuangan masyarakat NTB sebesar 65,45 persen (peringkat 2 nasional) dan inklusi keuangan sebesar 82,34 persen. Ini menunjukkan bahwa masyarakat NTB telah memiliki pemahaman dan pemanfaatan produk dan layanan keuangan yang baik,” ujar Ogi.

Turut hadir dalam PKR NTB Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi NTB Wirajaya Kusuma, Bupati Sumbawa Barat H. W. Musyafirin, dan Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin. Mereka menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada OJK dan seluruh pemangku kepentingan yang telah berkolaborasi untuk meningkatkan pemerataan akses keuangan di daerah.

Rangkaian kegiatan PKR di Sumbawa Barat juga meliputi sosialisasi waspada investasi ilegal kepada 1000 ASN di lingkungan Kabupaten Sumbawa Barat, edukasi dan talkshow oleh industri jasa keuangan, serta berbagai kegiatan dan lomba lainnya seperti lomba mewarnai, lomba fashion show, lomba industri jasa keuangan idol, jalan sehat, operasi pasar murah dan pembagian doorprize di puncak kegiatan. (red.)