Balapan Ketahanan di Sirkuit Mandalika: Yamaha Endurance Festival 2023. Photo: Istinewa

Mandalika, - Suasana sirkuit Mandalika menjadi semarak dengan adanya balapan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival, yang diselenggarakan oleh YAMAHA Racing Indonesia dan MGPA pada Sabtu dan Minggu, 21-22 Oktober 2023. Balapan ini merupakan balapan ketahanan yang menguji kemampuan dan strategi pembalap dalam menyelesaikan lap selama dua jam.


Balapan ini diikuti oleh 99 pembalap dari berbagai provinsi di Indonesia, baik yang berstatus nasional maupun internasional. Beberapa nama terkenal seperti Arae Agaska, Galang, Andi Fadli, dan Aldi turut ambil bagian dalam balapan ini. Selain itu, ada juga peserta dari komunitas motor lainnya yang ingin merasakan sensasi balapan di sirkuit Mandalika.


Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival ini merupakan balapan pertama kali yang terlaksana di Indonesia. Peraturannya cukup unik, yaitu satu kendaraan untuk dua orang pembalap. Setiap satu atau dua jam, akan ada pergantian pembalap, pengisian bahan bakar, dan penyesuaian strategi untuk memenangkan balapan. Saat pergantian pembalap, kendaraan juga akan dicek kondisinya oleh mekanik.


"Event ini diselenggarakan oleh Yamaha dan difasilitasi oleh MGPA untuk meningkatkan ketangkasan pembalap," ujar Try Agung Harranto, Marketing Manager Mandalika Grand Prix Association (MGPA).


Wahyu Rusmayadi, Manager Motorsport Yamaha Indonesia, menjelaskan bahwa balapan ini tidak hanya mengandalkan skill, tetapi juga fisik dan strategi pembalap. "Sistem race dalam balapan ini, dihitung berdasarkan jumlah waktu dan regulasi pit in dan pit out. Berapa jumlah lap yang akan didapat oleh masing-masing pembalap untuk dijumlahkan, tentunya tanpa ada pelanggaran," ujarnya.


Balapan ini berlangsung dengan seru dan menegangkan. Para pembalap saling beradu cepat dan tangguh di lintasan sirkuit Mandalika. (red.)