Photo Instagram Haruki Noguchi di Sirkuit Mandalika Lombok. 

Mataram, RNETnews.com- Pembalap asal Jepang, Haruki Noguchi, mengalami kecelakaan parah saat mengikuti putaran 4 ASB 1000 FIM Asia Road Racing Championship di Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, pada Minggu (13/8/2023). Noguchi terlibat insiden di tikungan 10 yang menyebabkan balapan Asia Superbike 1000 dibatalkan untuk memprioritaskan situasi medisnya.


Noguchi, yang membela tim SDG MS Harc-Pro. Honda. Ph., langsung dibawa ke pusat medis sirkuit untuk mendapatkan pertolongan pertama. Menurut pernyataan resmi dari FIM ARRC, Noguchi kemudian dipindahkan ke rumah sakit setempat untuk perawatan medis lebih lanjut. 


Sementara itu, dalam wawancara dengan RNETnews, Direktur RS Provinsi NTB sekaligus Ketua Umum IMI NTB dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M.Kes., M.H., mengatakan bahwa Haruki Noguchi masih dalam perawatan medis dan observasi tim medis. Ia belum dapat memberikan informasi lebih detail tentang bagian tubuh Noguchi yang paling parah terkena dampak kecelakaan tersebut.


"Masih dalam observasi tim medis. belum ada laporan dari tim," ujar dr. Herman saat ditanya tentang hasil sementara observasi Noguchi. Senin (14/08/2023) 


Dr. Herman juga menegaskan bahwa Noguchi masih dalam keadaan hidup dan dirawat di RSUP NTB. 


"Ya masih dirawat di RSUP NTB. Kami berharap doa dan dukungan anda semua agar Haruki Noguchi cepat pulih kembali," tutur dr. Herman.


Sementara pada siang ini kondisi Noguchi  sedang dilakukan pemeriksaan MRI untuk mengetahui kondisi organ tubuh Noguchi. Ia juga mengatakan bahwa Noguchi akan ditangani di RSUP NTB hingga kondisinya membaik.


"Saat ini sedang dilakukan persiapan MRI,Kita akan tangani di RSUP sampai kondisinya membaik," tandas dr. Herman.


Noguchi merupakan salah satu pembalap terbaik di kelas ASB 1000 FIM ARRC. Ia berhasil meraih podium ketiga di putaran pertama di Malaysia dan podium kedua di putaran kedua di Thailand. Ia juga menempati posisi ketiga di klasemen sementara dengan 85 poin, hanya terpaut 10 poin dari pemimpin klasemen Broc Parkes dari Australia. (red.)