Rnetnews,Lombok Timur- SMKN 1 Keruak melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) selama 3 hari, mulai dari 1 6 sampai dengan 18 Maret 2023. UKK ini diikuti oleh 6 kompetensi keahlian yang ada di SMKN 1 Keruak, yakni Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI jumlah siswa 29 0rang), Nautika Kapal Niaga (NKN) jumlah siwa 21 Orang, Agribisnis Perikanana air Tawar (APAT) jumlah siswa 16 Orang, Agribisnis Pengolahan hasil Perikanan (APHPi) jumlah siwa 15 Orang, Multi Media (MM) jumlah siswa 27Orang dan Wisata Bahari dan Ekowisata (WBE ) Jumlah siwa 23 Orang. 

Kepala SMKN 1 Keruak Ir Mahmuza menjelaskan, Pelaksaanaan Kegiatan UKK tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana pada tahun ini tidak serentak tapi disesuaikan dengan kesiapan penguji Eksternal yang ada." Untuk hari Kamis tanggal 16 maret 2023 ada tiga kompetensi Keahlian yang melaksanakan Ujian UKK yaitu KK NKPI, APAT dan WBE. Sedangkan untuk sisanya yaitu NKN, APHpi dan MM dilaksanakan mulai tanggal 20 -21 Maret 2023,"ujarnya.

Ia menjelaskan, Materi UKK yang diberikan kepada peserta didik kelas XII adalah materi yang sesuai dengan kompetensii masing-masing. Setiap kompetensi menyiapkan UKK yang relevan sebagai ujian untuk peserta didik dalam membuktikan penguasaan dan pemahaman peserta didik akan materi yang telah diterima selama ini dii SMKN 1 Keruak .Pada kesempatan pertama ujian ini Alhamdulillah semua siswa hadir tanpa halanagn. Berikut adalah rincian materi dan penguji masing-masing kompetensi keahlian.

"Dengan adanya UKK ini, kita harapkan siswa menjadi mandiri setelah lulus dari sekolah SMKN 1 Keruak dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan,"harapnya.

Disampaikannya juga, Kompetensi Keahlian NKPI dengan Penguji Eksternal Syaiful Bachri STr.Pi dari instansi Dinas Perikanan Provinsi NTB didampingi oleh Hendra Trisandi , S.Pi Guru SMKN 1 Keruak Sebagai Penguji Internal dan Guru –Guru Produktif lainnya. ." Materi ujian yang diberikan adalah paket 2 (P2) yaitu Perrakitan, Pengoperasian dan Pemeliharaan alat tangkap Purse seine . Kegiatan ujiannya meliputi Menjangka Peta untuk perencanaan Pelayaran, perakitan alat tangkap dan mengoperasika Navigasi berupa GPS dan Fish pender,"bebernya.

Kompetaensi Keahlian APAT, dengan pengambilan materi soal UKK Pakei 1 ( P1). Yaitu Pengembangbiakan Komoditas Ikan Air Tawar. Penguji Eksternal kali ini adalah Drs. Sabara Putra, S.Pi.Msi. dari instansi Balai Benih Ikan (BBI Kumbung). Sebagai Penguji internal adalah Hamdi , S.Pi dan dibantu Ir. Murti Negari sebagai Guru Produktif dan Kaprogli APAT. Kegiatan yang dilakukan adalah pemilihan bibit siap gonat, penyuntikan , pemijahan sampai pendederan. Untuk lebih memahami tentang pemijahan siswa dihimbau untuk bermalam di Lokasi Ujian.. 

Untuk Kompetensi Keahlian WBE sambungnya, Materi soal yang diujikan adalah Paket 4 (P4) yaitu Kepemanduan Wisata Selam dengan Penguji Eksternal Yuda Hartani dan Muhammad Badawi dari DU/DI CV. Kayangan Daiving Scholah. "Untuk Penguji Internal adalah Zaitun, M.MPar dibantu Isabella Meyvi Saputri , S.Pi . Kegiatan yang dilaksanakan pada saat ujian yaitu praktek Guaide, Penggunaan peralatan selam dan diakhiri dengan melaksanakan penyelaman di laut dengan peralatan lengkap,"ungkapnya.

Kompetensi Keahlian NKN, sendiri katanya lagi, menguji materi soal paket 4 (P4): Yaitu Merencanakan Pelayaran dari Surabaya sampai Banjarmasin. Penguji internal adalah Ruzil Yusvi Afandi, S.Tr.Pi dan Penguji Eksternal Capt. Febrian Primananda. M.Mar. Pelaksanaan ujian dua hari tapi sebelumnya ada ujian simulasi pemantapan .

Untuk kompetensi Keahlian APHPi soal yang diujikan adalah soal paket1 (P1) yaitu Disevikasi Produk Hasil Perikanan berbasis Surami 1. Dalam keesempatan ini penguji Eksternalnya adalah Ida Hamzah dari UD, Versace Pringgabaya dan sebagai penguji internalnya adalah Yuliana ,S.Pi kaprogli APHPI. Pada UKK ini kegiatan yang dilakukan adalah peniapan Surami dan Pembuatan Bakso ikan. 

Kompetensi keahlian terakhir adalah MM, materi soal yang dipilih paket soa 1 (P1) dengan materi Desains Grafis Percetakan . Penguji eksternal Muhamad Adrian Juniarta, M.Eng dari PT. Mandalika Digital Teknologi. Kegiatan yang dilaksanakan Desain, pengeditan video/gambar dan percetakan.

Dengan adanya UKK ini, Ir. Mahmuza tidak hentinya memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik yang mengikuti kegiatan UKK ini agar semangat dan percaya diri atas kemampuan yang dimiliki. 2 tahun 8 bulan bukanlah waktu yang singkat untuk belajar melainkan menjadi kesempatan luar biasa untuk menjadi pribadi yang memahami dan menguasai kompetensi dimasing masing jurusan keahlian yang diambil.

"Semoga UKK Tahun Pelajaran 2022/ 2023 di SMKN 1 Keruak berjalan dengan lancar dan sukses, Dan Seluruh peserta didik meraih kelulusan dengan nilai terbaik dengan predikat sangat kompeten dii kompetensi masing-masing,"harapnya.(Wn).