Deretan mobil berkecepatan tinggi saat hendak start dalam gelar JDM di Sirkuit Mandalika Lombok. Photo: RNETnews.com
Lombok Tengah - Dalam upaya menggeber perekonomian lokal dan pariwisata di NTB, Pertamina Mandalika International Circuit di kawasan yang bersemangat, The Mandalika, Lombok Tengah (Loteng), akan menjadi tuan rumah serangkaian acara balap nasional dan internasional yang mendebarkan pada tahun 2024.


Salah satu acara beradrenalin tinggi adalah Japan Domestic Market (JDM) Funday Mandalika 2024, sebuah pertunjukan balap mobil dengan sistem time attack yang akan dimulai pada Sabtu, 28 April 2024.


Priandhi Satria, CEO PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA), mengatakan, "Di tahun 2024, MGPA hampir mencapai garis finish dengan hampir 200 acara."


"Selain 200 acara ini, tahun ini kami berusaha keras untuk berdiskusi dengan pihak asing, promotor, dan penyelenggara balap roda dua dan empat," katanya pada hari Senin (29/4/2024).


Dia menekankan bahwa tahun ini mereka aktif mencari peluang untuk menggelar sebanyak mungkin acara, menghitung berbagai strategi untuk membawa acara internasional ke Pertamina Mandilaka International Circuit.


"Tentu saja, selain fokus pada acara internasional, kami juga aktif menjajaki acara komunitas seperti JDM Run dan balapan lainnya untuk bergabung dalam jajaran di Pertamina Mandalika International Circuit," jelasnya.


Priandhi menambahkan bahwa memprediksi hari-hari balapan adalah tantangan karena akhir pekan selalu dipenuhi dengan acara.


"Sejujurnya, menemukan slot akhir pekan di 2024 tidak mudah, karena sebagian besar acara sudah terjadwal untuk Sabtu dan Minggu. Kami berusaha menciptakan situasi win-win di mana akhir pekan diperuntukkan bagi acara besar—sayang jika digunakan untuk acara kecil," paparnya.


JDM Run Day Mandalika akan melibatkan 85 mobil Jepang berkualitas tinggi yang akan bersaing untuk mencatatkan waktu tercepat di sirkuit Mandalika.


Gelaran ini dimulai hari ini hingga 29 April 2024 esok, dan akan menampilkan para pembalap yang berkompetisi dalam tiga kelas dan tiga kategori mobil yang berbeda.


Sementara itu, PJ Gubernur Nusa Tenggara Barat, Lalu Gita Ariadi selaku pemerintah daerah NTB menyampaikan terima kasih kepada ITDC dan MGPA atas peran mereka dalam menyelenggarakan acara di Pertamina Mandalika Indonesia Circuit, sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan ekonomi dan pariwisata khususnya di Lombok. 


"Kami mengucapkan terima kasih kepada ITDC dan MGPA, yang hampir mengisi kalender dengan 200 acara tahun ini," ungkap mereka. (red.)