Rapat Pleno TPAKD Kota MATARAM. Photo: Doc. OJK NTB
Mataram,- Dalam rangka mendukung strategi peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan masyarakat di Kota Mataram, OJK Provinsi NTB melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Mataram menyelenggarakan Rapat Pleno pada hari Kamis, 21 Maret 2024 di Ruang Kenari, Aula Sekretariat Daerah Kota Mataram.

Analis Bagian Pengawasan Perilaku PUJK, EPK, LMS OJK Provinsi NTB,Muhammad Abdul Mannan mengatakan,Rapat dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan program TPAKD pada tahun 2023, serta menetapkan program unggulan yang akan dilaksanakan selanjutnya.

Hal ini sejalan dengan fungsi TPAKD selaku forum koordinasi bagi Lembaga pemerintah dan pemangku kepentingan untuk mempercepat akses keuangan di daerah, yang berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi regional dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.”katanya.

Pada kegiatan tersebut disepakati untuk melanjutkan pelaksanaan program unggulan TPAKD Kota Mataram. Yang pertama yaitu program KEJAR (1 Rekening 1 Pelajar), bertujuan untuk meningkatkan budaya menabung bagi pelajar dan melatih pengelolaan keuangan sejak dini. Selanjutnya Program HARUM BERSERI (Bebaskan Masyarakat dari Sengsara Riba) yang bertujuan untuk membuka akses pembiayaan berbasis Syariah tanpa margin kepada masyarakat pelaku usaha ultra mikro, sehingga terbebas dari jerat rentenir.

“Program ini menjadi alternatif sumber permodalan usaha dengan proses cepat, mudah, berbiaya rendah, dan persyaratan sederhana.”ujarnya.

Dari kegiatan tersebut juga ditetapkan zona inklusi dan literasi keuangan melalui layanan QRIS sebagai alat transaksi, yang bertujuan untuk memudahkan proses transaksi secara cepat dan terjaga keamanannya.

“Dengan adanya sinergitas dan kolaborasi para pihak di TPAKD Kota Mataram, diharapkan dapat membuka akses keuangan yang seluas-luasnya bagi masyarakat, yang memberikan dampat positif pada pertumbuhan ekonomi Kota Mataram.”tandasnya. (red/rls)