Kejaksaan Agung RI Gelar Workshop Kehumasan untuk Tingkatkan Kepercayaan Publik. Photo:Istimewa
Jakarta, - Kejaksaan Agung RI menggelar workshop kehumasan untuk meningkatkan peran tenaga humas kejaksaan dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja kejaksaan. Workshop ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 7 hingga 9 November 2023, di Hotel Mercure Jalan Gatot Subroto Jakarta.


Workshop ini dibuka secara langsung oleh Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan Agung RI, Dr. Reda Manthovani. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa di era keterbukaan informasi publik saat ini, peran kehumasan sangat sentral dan penting dalam mempublikasikan pemberitaan positif tentang kinerja kejaksaan.


"Kinerja yang telah diraih dan dilakukan tapi tanpa publikasi ke publik akan sia-sia, tanpa pemberitaan publik atau masyarakat tidak akan mengetahui kinerja yang telah dilakukan oleh Kejaksaan," kata Jamintel,Kamis (09/11/2023).


Ia juga mengatakan bahwa kepercayaan publik yang diraih kejaksaan telah mencapai nilai tertinggi dengan skor 81,2% dan mendapat apresiasi dari Presiden RI Joko Widodo pada saat memberikan pidato pada puncak perayaan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63.


Untuk itu, ia mengharapkan workshop ini dapat menambah keterampilan seputar jurnalistik, fotografi, konten kreatif, publik speaking, dan membuat rilis pers bagi para Kepala Seksi Penerangan Hukum dan tenaga operator yang ada di seksi penerangan hukum se-Indonesia.


"Ke depan, Kejaksaan Agung RI akan memantau, mengevaluasi pemberitaan dan publikasi kinerja di tiap Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri maupun Cabang Kejaksaan Negeri baik di media massa, online, cetak maupun di media sosial, jangan menutup diri dari media, publikasikan seluas-luasnya kinerja yang dilakukan di daerah," ujarnya.


Workshop kehumasan ini menghadirkan para narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing, antara lain Arrozi Effendi (Head Of Public Relations KG Media & Kompas TV), Fadhila Al Birra (Executive Produser Digital Kompas TV), Abie Besman (Executive Produser Kompas TV) dan Arbain Rambey (fotografer senior). Kegiatan workshop diikuti oleh sekitar 150 orang peserta yang terdiri dari Kepala Seksi Penerangan Hukum dan staf operator website, medsos di jajaran penerangan hukum Kejaksaan Tinggi seluruh Indonesia, Kepala Seksi Intelijen wilayah DKI Jakarta. (rls/red.)