Proses loading kargo motoGP di Bandara Internasional Zainudin Abdul Madjid Praya Lombok Tengah. Photo: Istimewa


LOMBOK TENGAH - Persiapan MotoGP 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit semakin matang dengan kedatangan logistik MotoGP hingga kloter ke-4. Logistik MotoGP ini dibawa oleh Angkasa Pura Logistik (APLog) yang bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai penyelenggara MotoGP di Indonesia.


Logistik MotoGP yang berisi peralatan dan perlengkapan tim balap, seperti motor, ban, baju, helm, dan lain-lain, dibawa melalui jalur udara dan laut dari berbagai negara. Logistik MotoGP kloter ke-3 seberat 98 ton tiba di Bandara Internasional Zainudin Abdul Madjid pada pukul 18.30 Wita pada Kamis (5/10/2023). Logistik ini dibawa dari Bandara Narita, Jepang, menggunakan pesawat Nippon Cargo Airlines jenis Boeing 747-800F.


Setelah tiba di bandara, logistik MotoGP langsung dibawa menggunakan truk kontainer yang sudah lolos uji menuju Sirkuit Mandalika yang berjarak sekitar 40 km. Proses pengiriman logistik ini diawasi ketat oleh pihak keamanan, seperti Kepolisian, TNI, Bea Cukai, dan lainnya.


"Kami berterima kasih atas dukungan penuh dari Angkasa Pura Logistik sebagai mitra kami dalam mendatangkan logistik ini dengan aman ke Indonesia" ucap Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.


"Selain itu kami juga ucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak, seperti Angkasa Pura 1, Bea Cukai, Kepolisian, TNI dan lainnya, berkat dukungan mereka Logistik MotoGP yang sangat di perlukan ini sampai dengan selamat di Sirkuit Mandalika," imbuhnya.


Sementara itu, Direktur Operasi APLog Troficiendy Suroso mengatakan bahwa suksesnya pengiriman logistik MotoGP ini tak lepas dari kepercayaan MGPA dan dukungan semua pihak terkait lainnya. Ia mengatakan bahwa APLog telah berpengalaman dalam menangani logistik MotoGP sejak tahun 2019.


"Kami ucapkan terimakasih kepada MGPA atas kepercayaan yang diberikan kepada kami." ucapnya.


"Kami juga ucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak, seperti Angkasa Pura 1, Bea Cukai, Kepolisian, TNI dan lainnya, berkat dukungan mereka Logistik MotoGP Mandalika 2023 ini sukses dan selamat sampai tujuan," imbuhnya.


Ia menambahkan bahwa jumlah logistik MotoGP 2023 yang ditangani APLog ini sekitar 525 ton. Logistik terakhir MotoGP Mandalika 2023 diperkirakan selesai dikirim ke Sirkuit Mandalika pada tanggal 8 Oktober nanti.


"Untuk itu kami minta dukungan semua pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat untuk mendukung pengiriman logistik ini supaya MotoGP Mandalika 2023 ini berjalan lancar dan sukses. Ini adalah kolaborasi kami yang ke-5 dengan MGPA untuk pengiriman logistik ke Sirkuit Mandalika. Ini menjadikan kami belajar lebih baik lagi dengan pembawaan logistik kejuaraan aman dan on schedule," tutupnya. (red.)