Saat para rider menerima tropi usai Race 1 di Sirkuit Internasional Mandalika Lombok. Sabtu (12 Agustus 2023). Photo: RNETnews

Lombok, RNETnews.com - Markus Reiterberger, pembalap asal Jerman yang berhasil meraih podium pertama di kelas 1000 cc ARRC 2023 seri keempat di Sirkuit Internasional Mandalika, mengungkapkan rasa sukanya terhadap sirkuit baru yang belum pernah dia kendarai sebelumnya. Dia juga mengaku tidak mengalami kesulitan dengan motor dan cuaca di Lombok.


Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan RNETnews.com, Reiterberger menjelaskan bagaimana dia bisa beradaptasi dengan sirkuit Mandalika yang memiliki tata letak, karakteristik, dan kondisi yang berbeda dengan sirkuit-sirkuit lain yang pernah dia lalui.


"Saya melihat beberapa video dan kemudian saya sudah mendengar rekaman suara dari trek jadi saya tahu tata letaknya. Bagi saya mudah beradaptasi. Saya sangat suka lintasan baru," kata Reiterberger, dengan rnetnews.com, Sabtu (12/08/23) di Sirkuit Internasional Mandalika Lombok. 


Reiterberger juga mengatakan bahwa motor BMW yang dia kendarai langsung cocok dengan trek Mandalika. Dia tidak mengalami kesulitan di awal balapan, meskipun sempat hampir terjatuh karena menyentuh garis putih.


"Awalnya ada beberapa masalah dengan garis putih jadi ini aneh tapi kemudian saya bisa mengatasinya. Motor saya bekerja dengan baik dan itu mudah bagi saya untuk mengendarainya untuk bergabung kembali dan memenangkan perlombaan. Oleh karena itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim saya, untuk memberi saya motor yang bagus," ujar Reiterberger.

Markus Reiterberger, pembalap asal Jerman. Photo: RNETnews.com


Reiterberger juga memberikan pujian kepada sirkuit dan cuaca di Lombok. Dia menilai bahwa sirkuit Mandalika memiliki tarmac yang datar, lebar, dan besar, yang cocok untuk motor-motor bertenaga besar seperti BMW. Dia juga tidak merasa terganggu dengan panasnya matahari di Lombok.


"Sirkuitnya keren banget, saya benar-benar menyukainya. Tarmac yang datar, ada yang sangat lebar dan besar, seperti motor menjadi seperti itu sangat bagus. Cuacanya bagus, panas tapi tidak super panas, seperti hari yang baik di Jerman," tutur Reiterberger.


Reiterberger berhasil memenangkan balapan pertama di kelas 1000 cc dengan waktu 20 menit 35,066 detik untuk 13 putaran. Dia unggul 0,267 detik dari Andi Farid Izdihar asal Indonesia yang finis di posisi kedua. Md Zaqhwan bin Zaidi asal Malaysia harus puas dengan posisi ketiga dengan selisih 0,421 detik dari Andi.


Reiterberger berharap bisa mengulangi kemenangan ini di balapan kedua besok dan meraih poin maksimal untuk klasemen sementara. Dia juga menargetkan bisa memperbaiki waktu dan mengurangi selisih dengan pembalap lain.


Balapan kedua ARRC 2023 seri keempat di Sirkuit Internasional Mandalika akan digelar pada hari Minggu (13/8/2023) mulai pukul 11.35 WIB. (red.)