Mataram, RNETnews.com -Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Mataram angkatan ke-37  menggelar kegiatan Workshop Pengolahan Sampah berbasis Takakura atau bioktivitor yang bertempat di kampus Universitas Muhammadiyah Mataram,Jumat (11|8).

Hadir sebagai narasumber Paizul Bayani selaku Ketua Kelompok pengelola sampah organik Lombok Berseri,Para dosen pembimbing,mahasiswa dan masyarakat umum.

Dalam penyampaiannya Paizul Bayani lebih banyak menyampaikan mengenai metode pengolahan sampah menggunakan metode takakura yang merupakan sebuah metode pertama kali digagas oleh peneliti asal Jepang.

Karena metode ini memiliki banyak kelebihan,diantaranya praktis,bersih,tidak menghasilkan bau yang tidak sedap sehingga digunakan i rumah.

"Hasil pengolahan sampah ini dapat dijadikan pupuk tanaman," terangnya.

Sementara penyampaian Dosen Pembimbing Lapangan,Mardiati Hayati menegaskan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN dengan mengadakan ‎
Workshop Pengolahan Sampah Takakura.

Sehingga tentunya ini perlu diterapkan di lingkungan kampus maupun lingkungan sekitarnya. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

" Pengenalan budaya bersih dan peduli lingkungan mulai dari kampus bisa disebarkan ke masyarakat luas," tandasnya.(Red).