TpYiGfAoGfYiGUCpGSGoTUr8TA==

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Mahasiswa KKN UNRAM Implementasikan Sistem TABELA di Desa Krama Jaya.

Masiswa KKN UNRAM saat pengimpelementasian Program Tanam Benih Langsung (TABELA) di Desa Krama Jaya, Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di Dusun Jerangoan. Photo: Istinewa

Lombok Barat, RNETnews.com - Mahasiswa KKN Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN-PMD) Universitas Mataram (UNRAM) berjumlah 9 orang telah melakukan pengimpelementasian Program Tanam Benih Langsung (TABELA) di Desa Krama Jaya, Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di Dusun Jerangoan. 

Mahasiswa KKN UNRAM berkolaborasi dengan Tim BPP Kecamatan Narmada, Tim My Farm dan Kelompok Tani setempat untuk menyukseskan program ini, yang dimana program ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah tersebut. Program ini telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat setempat dan diharapkan dapat menjadi model bagi desa-desa lain dalam upaya mencapai ketahanan pangan secara berkelanjutan.


Program TABELA berfokus pada sistem tanam benih langsung, yang merupakan teknik modern dalam bercocok tanam. Teknik ini memungkinkan benih ditanam langsung di lahan tanpa perlu melalui pembibitan terlebih dahulu. Hal ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga mengurangi risiko kegagalan tanam dan kerugian akibat serangan hama atau penyakit yang biasanya menyerang saat bibit ditanam di tempat terpisah. Disamping itu juga dari segi biaya metode ini sangat efisien karena tidak perlu membutuhkan banyak penanam. 


Selain itu, metode tanam benih langsung juga memiliki manfaat lingkungan, seperti mengurangi erosi tanah dan kebutuhan akan air irigasi yang berlebihan. Hal ini sejalan dengan semangat pelestarian lingkungan dan upaya mitigasi perubahan iklim.


Hasil dari implementasi Program TABELA ini telah sangat positif. Produksi pangan di Desa Krama Jaya meningkat secara signifikan. Para petani merasakan manfaat dari teknik tanam yang lebih efisien ini, dan hal ini turut meningkatkan kesejahteraan mereka.


Selain meningkatkan produksi pangan, program ini juga memberikan pemahaman dan pelatihan kepada para petani mengenai teknik pertanian modern, pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, serta penggunaan pupuk dan pestisida yang ramah lingkungan. Mahasiswa KKN UNRAM berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat, memperkuat pengetahuan petani, dan membantu mereka dalam menghadapi tantangan pertanian masa depan.


"Kami merasa sangat bangga bisa berkontribusi dalam meningkatkan ketahanan pangan di Desa Krama Jaya. Program TABELA ini adalah langkah awal, dan kami berharap keberhasilan ini dapat diterapkan di wilayah lain untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencapai ketahanan pangan nasional." Ucap Ketua Tim KKN UNRAM, Ahmad Yaszer. Kamis, (06/07/2023)


Selain itu Ibu Maenah selaku pemilik sawah, menyatakan rasa terima kasihnya kepada para mahasiswa yang membantu para petani dengan program ketahanan pangannya. 


"Saya merasa senang dan terbantu dengan adanya program ini. Tanaman kami menjadi lebih sehat dan hasil panennya meningkat. Kami berharap kerjasama dengan mahasiswa dan universitas dapat terus berlanjut di masa depan." kata ibu Maenah. 


Kehadiran mahasiswa KKN UNRAM dalam menerapkan Program TABELA di Desa Krama Jaya telah membawa perubahan positif dan memberikan harapan baru bagi ketahanan pangan lokal. Semoga langkah ini dapat diikuti oleh banyak pihak untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan dan merata di seluruh Indonesia. (*) 

Komentar0

Berkomentar dengan mencantumkan link promosi otomatis kami hapus.

Type above and press Enter to search.