Lombok Utara - Isu tinggihya harga penginapan jelang event MotoGP di mandalika,Nusa Tenggara Barat (NTB) membuat kekhawatiran para calon penonton yang akan menyaksikan. Hal ini membuat Pemprov NTB mengeluarkan Peraturan Gubernur agar menjaga setabilitas harga akomodasi penginapan.

Menteri pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dalam kesempatannya mengunjungi 3 Gili Matra menyampaikan telah dikeluarkannya Pergub nomor 9 tahun 2022.

"Tadi baru saja diterbitkan Pergub Nomor 9,untuk panduan dan peraturan tarif hotel dan ini saya minta secara tegas untuk dipatuhi'" ucap Sandi usai mengunjungi gili Trawangan, Sabtu (19/2).

Selain itu,Sandi juga menyarankan alternatif lokasi penginapan jika terjadi lonjakan akupansi hotel pada saat event motoGP nanti.

"Yang kedua, untuk kepastian Gili Tramena, walaupun bukan ring satu, tapi penyangga mendapatkan kelimpahan dari Perhelatan  MotoGP, oleh karena itu kami akan mempromosikannya dengan cara masif," papar Sandi.

Pada kesempatan itu juga,Sandi mengungkapkan sebanyak 6000 kamar penginapan dan sarana hunian (Sarhunta) baru,dan 98 unit telah dirampungkan,untuk menunjang perhelatan akbar event motoGP pada maret nanti,yang direncanakan perpaketnya dijual seharga Rp. 1,5 Juta. (red)