Dalam pelaksanaan vaksinasi anak di MI NW Aikdewa, Kecamatan Pringgasela, Lotim. Wali murid ikut mendampingi anak-anaknya agar pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan lancar. 

Para wali murid siswa MI NW Aikdewa memiliki peran penting dalam kelancaran pelaksanaan vaksinasi. Pasalnya dengan keberadaan orang tua dapat membuat anak lebih berani pada saat dilakukan proses vaksinasi. 

Kepala MI NW Aikdewa, Zulfaiyah mengatakan bahwa keikutsertaan wali murid dalam mengawal vaksinasi anak-anaknya sangat berpengaruh penting bagi kelancaran setiap proses. Sehingga selaku kepala sekolah ia meminta para orang tua untuk ikut dalam mendampingi anak-anaknya pada saat divaksinasi. 

"Jauh sebelum pelaksanaan vaksinasi kita sudah mengimbau kepada para orang tua untuk datang mendampingi anaknya," katanya kepada awak media, Kamis (20/01/2022). 

Tak hanya itu, pihak sekolah MI NW Aikdewa juga sering memberikan motivasi, arahan, pengetahuan tentang covid-19, dan dampak vaksin sebagai pelindung tubuh bagi manusia. Selain kepada para siswa, pihak MI NW Aikdewa juga meminta kepada orang tua untuk tidak termakan isu negatif tentang vaksin dan selalu memberikan dukungan kepada anaknya. 

"Imbauan, arahan, dan pengetahuan tentang vaksin sering kita berikan kepada para siswa saat menggelar imtaq setiap paginya," jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi saat melakukan sidak ke lokasi vaksinasi, dirinya sangat mengapresiasi keikutsertaan para wali murid dalam mendukung kelancaran vaksinasi di MI NW Aikdewa. Menurutnya langkah tersebut sangat efektif dalam kelancaran vaksinasi terhadap anak. 

"Perlu peran orang tua dalam mendampingi anaknya divaksinasi, tapi memang ada juga orang tua yang termakan isu negatif," ucapnya.(SR).