Lombok Tengah - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan segera menerapkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-Tilang) bagi para pengendara yang tidak mematuhi aturan Lalu Lintas

Sistem tersebut akan diterapkan sebelum event MotoGP Mandalika pada bulan Maret mendatang.

"Masih menunggu dari Korlantas Polda NTB untuk penerapannya. Segera sebelum event MotoGP," jelas Kasat Lantas Polres Loteng, AKP Donny Wira Setiawan

Donny mengatakan, perangkat tilang elektronik berupa 5 buah kamera CCTV sudah terpasang pada sejumlah titik di Loteng. 

"Sudah terpasang, lokasinya dirahasiakan. Hal ini dilakukan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berprilaku tertib berlalu lintas,” kata Doni.

Dikatakannya, wilayah Loteng menjadi prioritas dalam penerapan sistem E-Tilang ini karena merupakan lokasi penyelenggaraan berbagai event dunia termasuk salah satunya event MotoGP.

"Loteng endapat jatah perangkat CCTV terbanyak yakni 15 perangkat yang disiapkan oleh Polda NTB. CCTV akan banyak dipasang di wilayah bagian selatan, termasuk di area KEK Mandalika," terangnya.

CCTV yang terpasang ini nantinya bukan hanya sebagai perangkat penilangan, akan tetapi juga berfungsi untuk monitoring kemacetan pada saat gelaran event MotoGP mendatang.

"Berfungsi untuk monitoring kemacetan, juga area parkir, ini untuk antisipasi kehilangan kendaraan juga,” tutupnya.(riki aditya)