Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lombok Timur bersama dengan para tokoh agama dan masyarakat Lotim menandatangani tujuh kesepakatan. Hal ini dilakukan dalam rangka menyikapi persoalan yang terjadi di Lotim.

Salah satunya permasalahan as sunnah yang menyebabkan adanya penyerangan markas as sunnah di Bagek Nyake,Kecamatan Aikmel Lotim,Minggu dinihari (2|1).

Kegiatan yang dipimpin Bupati Lotim,HM.Sukiman Azmy dengan dihadiri Wakil Bupati Lotim,H.Rumaksi SJ,Ketua DPRD Lotim,Murnan bersama wakil ketua,Kapolres Lotim,AKBP Herman Suriyono,Sik,Dandim 1615 Lotim,Letkol.Inf.Amin M Said,Kepala Kejaksaan Negeri Lotim,Irwan Setiawan Wahyuhadi,

Selain itu hadir pimpinan ormas seperti NW,Muhammadiyah,NU,NW,NWDI,Marakittalimat,As Sunnah, Jamaludin,Majelis Ulama Indonesia dan Forum Kerukunan Umat Beragama.

Diantara tujuh kesepakatan tersebut antara lain,pertama  Menjaga,merawat,dan memelihara dan meningkatkan kerukunan umat beragama yang dilandadi asz toleransi saling menghormati dan saling menghargai sesama umat beragama.

Kedua,mengutamakan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,Ketiga,‎ Mentaati peraturan perundangan-undangan yang ada dalam pendirian rumah ibadah,pendirian lembaga pendidikan maupun lembaga yang berkaitan dengan lembaga sosial keagamaan menyerahkan penyelesaian melalui jalur hukum,apabila terjadi pelanggaran terhadap peraturan perundangan-undangan.

Kemudian point keempat, ‎menyampaikan dakwah bil hikmah wal mau'izotil hasanah baik secara langsung maupun tidak langsung (media sosial| Media Online),kelima ‎enjungjung tinggi nilai shilaturahmi dan kebersamaan dalam bingkai ukhwah islamiyah  dan ukhwuwah wathaniyah

Keenam,Ikut berpartisipasi mengawasi menolak dan mengutuk tindakan intoleran radikalisme dan terorisme demi keutuhan NKRI yang berazazkan pancasila dan UUD 1945 dan ketujuh,mendukung pemkab Lotim dalam rangka menciptakan situasi yang rukun dan damai bagi terwujudnya Lotim yang adil sejahtera dan aman.

" Mudah-mudahan kesepakatan yang telah ditandatangani ini bisa dijalankan bersama-sama dalam menciptakan Lotim yang aman dan kondusif," pinta Bupati Lotim,HM.Sukiman Azmy.(SR).