TpYiGfAoGfYiGUCpGSGoTUr8TA==

Ngarai Sianok Longsor

Bukit Tinggi - Dinding Ngarai Sianok yang terletak di Guguak Tabek Sarojo, Belakang Balok Kota Bukittinggi longsor pada Sabtu (11/12) sekitar pukul 15:00 WIB.

Longsoran ini membawa material tanah yang kemudian jatuh menutup aliran sungai yang mengalir di dasar Ngarai.

Peristiwa ini dibenarkan oleh Penyuluh Bencana Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Bukittinggi, Reynaldo saat dihubungi Haluan Padang, Sabtu (11/12)

"Benar, ada longsor di kawasan belakang balok, namun ini bukan kejadian pertama kalinya, setiap waktu longsor ini terjadi di Ngarai Sianok," katanya

Kejadian longsor di kawasan Ngarai Sianok ini, sebut dia bisa memicu air bah akibat material yang menimbun aliran sungai.

"Kejadian longsor ini, dikhawatirkan akan menyumbat aliran air sungai yang akan berdampak pada air bah," imbuhnya

Lebih lanjut, Reynaldo menjelaskan, longsoran itulah yang menyebabkan titik aliran sungai di Ngarai Sianok setiap waktu berubah-ubah bentuk.

Selain itu, peningkatan jumlah air tanah serta hujan yang terus mendera di Kota Bukittinggi menjadi penyebab utama terjadinya longsor di Ngarai Sianok. (net2netnews)

Komentar0

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan,serta bertanggungjawab. Memberikan komentar dengan link yang bersifat promosi otomatis kami hapus.

Type above and press Enter to search.