Mandalika, Lombok, NTB 26 April 2024 – Dalam upaya mewujudkan visi Net Zero Emission (NZE) tahun 2050 di Provinsi Nusa Tenggara Barat, PLN Unit Induk Wilayah NTB, bekerja sama dengan berbagai pihak, menggelar "Mandalika EV Experience Chapter II" sebagai salah satu langkah dalam memperkenalkan kendaraan listrik (EV) serta fasilitas pendukung ramah lingkungan. (24/4)


Pada "Mandalika EV Experience Chapter II", lebih dari 400 peserta disuguhkan beberapa kegiatan diantaranya eksibisi komunitas kendaraan listrik, pengenalan teknologi SPKLU yang disuplai energi surya, dan tentunya sensasi menjajal sirkuit mandalika menggunakan mobil listrik dari berbagai merek. 


Tanggapan dan antusiasme para peserta terhadap penggunaan mobil listrik dalam acara ini sangat positif, dengan banyaknya pertanyaan dan minat terhadap fitur dan performa mobil listrik. Salah satunya adalah Tia peserta dari Jakarta. “Senang banget jadi bagian EV journey Jakarta Mandalika 2024. Tantangan seru, fasilitas PLN lengkap, dan pengalaman di sirkuit Mandalika tak terlupakan. Terima kasih PLN NTB atas pengalaman berharga ini.” kata Tia.


Pada kesempatan yang sama, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo, menyampaikan harapannya bahwa "Mandalika EV Experience Chapter II" dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat energi berkelanjutan dan merangsang minat terhadap kendaraan ramah lingkungan. "PLN Unit Induk Wilayah NTB berkomitmen untuk mendukung penggunaan energi bersih. Kami terus memperkuat infrastruktur pendukung ekosistem kendaraan listrik di NTB, dengan menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa titik perjalanan," ujar Sudjarwo.


Saat ini, terdapat 10 SPKLU di beberapa lokasi strategis, termasuk di Kantor Gubernur NTB, Hotel Santika, Lombok Epicentrum Mall, dan di Kawasan Mandalika. Dukungan pemerintah daerah terhadap inisiatif penggunaan mobil listrik juga terlihat melalui pembangunan infrastruktur dan regulasi yang mendukung di NTB.


Pj. Gubernur NTB, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Jamaludin Maladi, M.T., menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh PLN. " Kami sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan PLN hari ini, Ini luar biasa ya, karena kedepan kita memang harus kembali ke kendaraan yang ramah lingkungan. Tadi saya sudah mencoba, dan rasanya luar biasa," ujarnya.


Di akhir pernyataan Jamaludin juga mengajak masyarakat NTB untuk beralih ke kendaraan listrik. “Ayo masyarakat NTB sekarang saatnya beralih ke mobil listrik, mobil ramah lingkungan.” kata Jamaludin


Dengan kesuksesan "Mandalika EV Experience Chapter II" tahun ini, PLN berencana untuk memperluas dan mengembangkan eksibisi kendaraan listrik di acara-acara mendatang sebagai bagian dari upaya untuk terus mempromosikan kendaraan ramah lingkungan di NTB.


"Kepada seluruh masyarakat NTB, ayo beralih ke kendaraan listrik, baik motor listrik maupun mobil listrik. Semua infrastruktur sudah kami siapkan. Ada SPKLU dan SPLU yang lokasinya bisa diakses melalui aplikasi PLN Mobile. Kendaraan listrik, lebih mudah dan ramah lingkungan," tutup Sudjarwo. (*)