Tarian Kolosal Dua Det Dua Puluh Gutus Tampil Memukau Diperayaan Puncah HUT Sumbawa Barat ke 20
Sumbawa Barat - Puluhan penari  yang beraksi di  lapangan komuntar telu center  memukau  penonton yang hadir puncak hari lahir kabupten sumbawa barat yang  ke 20 tahun  bertema sumbawa barat juara. 


Tarian garapan surdianah,s.pd dan Haji Indra Jaya.,S.IP menceritakan tentang semangat “basiru” atau gotong royong masyarakat sumbawa barat yang bahu membahu dalam membangun tana pariri lema bariri. 


"spirit dalam tari kolosal yang pijakan karya dari mata ‘rame yaitu kerja sama antar sesama walaupun berbeda  suku serta status sosial yang diekspresikan melalui gerakan yang enerjik" 


sementara dua det dua puluh gutus memberi makna bahwa usia 20 tahun kabupaten sumbawa barat lahir dengan berbagai prestasi yang luar biasa baik dintingkat nasional dan internasional. Kata surdianah. 


Tari kolosal ini dibawakan secara masal yaitu 80 orang penari  dari siswa SMP,SMA,MAN, dan SMK yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat dengan  mengeksplor gerak barempak yang memaknai kekuatan dan ketangguhan seorang pemimpin daerah untuk menggerakkan rakyat dalam membangun daerah. 


Eksplorasi gerakan lunte dan barome memaknai bahwa bumi pariri lema bariri seiring sejalan dalam mendukung dan mensukseskan program pemimpin  daerah.



Tidak hanya itu tarian kolosal dua det dua puluh gutus  ide garapan surdianah,s.pd  nantinya juga akan di tampilkan  kembali di jedah. (Topan)