Dokumen Instagram motogp
Mataram, - Setelah 11 tahun berkolaborasi, Marc Marquez dan Honda Racing Corporation (HRC) akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kerja sama mereka di akhir musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023. Keputusan ini diambil setelah kedua belah pihak sepakat untuk mengejar jalan lain di masa depan untuk mencapai tujuan dan target masing-masing. Hal ini diumumkan lewat situs resmi motogo.com.  Rabu (04/10/2023) 


Marquez bergabung dengan Honda sejak tahun 2013 dan meraih enam gelar juara dunia MotoGP bersama tim pabrikan Jepang tersebut. Namun, dalam tiga musim terakhir, Marquez mengalami penurunan performa akibat cedera parah yang dideritanya pada awal musim 2020.


Kontrak Marquez sebenarnya baru akan berakhir pada akhir musim 2024 mendatang. Kali terakhir Marquez meneken kontrak baru dengan Honda adalah pada 2020 lalu. Namun, dengan persetujuan bersama, kontrak tersebut diputus lebih cepat dari jadwal semula.


"Kedua belah pihak sepakat bahwa mereka memiliki kepentingan terbaik untuk mengejar jalan lain di masa depan untuk mencapai tujuan dan target masing-masing. Ini mengakhiri 11 tahun kolaborasi antara 93 dan HRC di mana mereka telah meraih enam gelar Kejuaraan Dunia kelas utama, lima Triple Crown, 59 kemenangan, 101 podium, dan 64 posisi terdepan," demikian pernyataan resmi HRC.


Marquez sendiri belum mengumumkan tim mana yang akan dibelanya pada musim 2024 mendatang. Namun, rumor yang beredar menyebutkan bahwa Marquez akan bergabung dengan Ducati, yang saat ini menjadi rival terberat Honda di MotoGP.


Dilansir dari situs resmi motogo.com Marquez meraih kemenangan debutnya di kelas utama dengan mengendarai Honda RC213V di Grand Prix Amerika di Austin, Texas pada tahun 2013 untuk menjadi pemenang kelas utama termuda dan menjadi Juara Dunia kelas utama termuda di akhir tahun itu. Pada tahun 2014 ia mempertahankan gelarnya dan memenangkan 10 balapan pembuka berturut-turut tahun ini, dan juga mengklaim gelar pada tahun 2016, 2017, 2018 dan 2019 sebagai pebalap HRC bersama Tim Repsol Honda.


Meski telah memutuskan berpisah, Marquez dan Honda masih akan memberikan dukungan penuh untuk sisa balapan musim 2023. HRC juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan prestasi yang telah diberikan Marquez selama berkolaborasi.


"Kedua belah pihak akan terus memberikan dukungan penuh untuk sisa putaran musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023. HRC mengharapkan yang terbaik untuk masa depan Marc Marquez," demikian pernyataan resmi HRC.Dilansir dari halaman kompas. com. (red.)