TpYiGfAoGfYiGUCpGSGoTUr8TA==

Bukti Keberhasilan Program "SMK Gemilang Karya" SMKN 2 Sumbawa Besar Semakin Maju dan Mengukir Prestasi

 

Kepala Sekolah SMKN 2 Sumbawa Besar Khaeruddin, S.Pd., M.Pd. 
Sumbawa Besar,RNETnews.com - Sekolah Menengah kejuruan Negeri (SMKN) 2 Sumbawa Besar mengalami peningkatan yang signifikan, sejak digaungkannya Industrialisasi di NTB yang merupakan Visi-Misi Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr Hj.Siti Rahmi Djalilah.

Untuk mendukung hal tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB melakukan langkah-langkah kongkrit, yakni melakukan inovasi melalui Bidang SMK dengan meluncurkan Program SMK Gemilang Karya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekolah SMKN 2 Sumbawa Besar Khaeruddin, S.Pd., M.Pd., Jumat (15/09).

Adapun capaian yang telah diperoleh yakni: Refocusing meningkatkan efektivitas tata kelola di smkn 2 sumbawa besar, Ada dua core: teknologi manufaktur dan rekayasa yang tersebar pada 12 konsentrasi keahlian. 

Kemudian Pembelajaran berbasis industri dan kewirausahaan. Pendekatan pembelajaran dengan pendekatan Teaching Factory ini semakin menguatkan iklim dan budaya industri dalam pembelajaran. 

"Banyak sekali produk TEFA yang dihasilkan dan diterima oleh pasar, diantaranya produk unggulan mesin pencacah pakan ternak gemilang, petinang late (tempayan cerdas), alat penyiram otomatis dengan lantunan asmaul husna, produk-produk permesinan dan pengelasan," jelasnya.

Tak hanya itu SMKN 2 Sumbawa Besar kini telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada tahun 2022, sehingga akan semakin memperkuat TEFA dan kewirausahaan di sekolah, sehingga produk dan jasa hasil pembelajaran dapat dipasarkan.

Lebih jauh,  dalam hal Penguatan kemitraan Tahun 2023 sekolah ini mendapat Anugerah Istimewa Sekolah pada kategori Kemitraan SMK tebaik dari Dinas Dikbud NTB. Kemitraan yg link and match dengan IDUKA sangat kuat, yang meliputi penyusunan kurikulum bersama guru tamu dari industri, sehingga setiap konsentrasi keahlian telah bekerjasama dengan IDUKA yg relevant. 

"Bahkan salah satu keunggulan sekolah ini adanya kelas industri PT. Trakindo Utama pada konsentrasi alat berat yg alumninya telah terserap 85%,"akunya. 

Disamping penyelarasan kurikulum ada guru tamu industri, on job training (PKL) guru dan siswa di industri, sertifikasi guru dan siswa, bantuan peralatan dan program penguatan pembelajaran dari industri, beasiswa dari industri sampai pada rekrutmen alumni.

Kemudian dalam hal Prestasi akademik dan non akademik SMKN 2 Sumbawa Besar mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dua tahun terakhir, sekolah ini selalu juara berbagai kompetisi baik tingkat provinsi dan nasional. 

"Tahun 2022, kami juara 1 LKS tingkat provinsi pada 7 mata lomba, yaitu automobile technology, metrologi, motorcycle repair and maintenance , refregiration and air condition, industrial control,  CNC turning dan mechanical CAD dan mewakil NTB dalam tingkat nasional. Dan pada mata lomba metrologi di LKS tingkat nasional meraih the middle of excellent dan juara 5 Nasional," tandasnya.

Di tahun 2023, Lomba LKS tingkat provinsi SMKN 2 Sumbawa Besar kembali meraih juara 1 pada mata lomba industrial control dan akan mewakili Tingkat Nasional, di tahun 2023 ini juga siswa smkn 2 sumbawa besar meraih juara 1 pada ajang Astra Honda skill Contest for Vocational scholl  2023 region NTB dan mewakil NTB di tingkat Nasional. 

Prestasi non akademik juga pada tahun 2022, siswa SMKN 2 sumbawa Besar berhasil meraih medali emas dalam Kejurnas IBCA-MMA.

Terakhir sambungnya, Pada tahun 2023 SMKN 2 Sumbawa Besar ditunjuk sebagai penyelenggara SMK berbasis Industri 4.0

Capaian ini tentu tidak terlepas dari peran Serta Dikbud NTB terutama Bidang SMK yang terus mendorong dan mendukung SMKN 2 Sumbawa untuk terus menerapkan 11 Strategi SMK Gemilang Karya.

"Kami yakin industrialisasi di NTB akan terwujud dan akan dimulai dari SMK, dan saya ucapkan Terima kasih Pak Gubernur dan Dikbud NTB," pungkasnya. (red.)

Komentar0

Berkomentar dengan mencantumkan link promosi otomatis kami hapus.

Type above and press Enter to search.