Pembukaan Pelatihan Teknis Pertolongan Anggota Potensi SAR di Lombok Timur. Photo: Istimewa

RNETnews.com,NTB - Sebanyak 50 orang peserta mengikuti pelatihan potensi SAR di Lombok Timur,bertempat di kantor Bupati Lombok Timur, Dibuka oleh Bupati Lotim,HM.Sukiman Azmy. Pada,Senin (22|5).


Sukiman Azmy dalam sambutannya mengatakan pelatihan teknis potensi pertolongan dipermukaan air menjadi penting dilaksanakan,karena wilayah Lotim terdiri dari air dan lautan.


" Pelatihan ini sangat penting sekali dalam rangka untuk siap siaga dalam rangka membantu masyarakat yang terkena musibah," tegasnya.


Menurutnya ‎Ilmu dan teori yang diterima tentu sifatnya bertahap, tidak serta merta semua ilmu akan didapatkan dalam satu hari pelatihan.Begitu juga ‎kemampuan dan pengalaman yang didapatkan dalam pelatihan harus memiliki peningkatan. 


"‎Menilai kemampuan adalah mutlak bagi tim yang bertugas di bidang penyelamatan, tanpa kemampuan anggota Basarnas tidak akan dapat melaksanakan fungsi dengan sebaik-baiknya," tegasnya.


Pelatihan seperti ini diharapkan harus ada dan keberlanjutan,agar hasil dari proses tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat. Karena dalam pelatihan tersebut dapat menghasilkan semangat kesamaan melalui pola pikir dan tindakan yang optimal dengan niat yang ikhlas dan mulia. (Rizal/red.)