Patung Jokowi Jadi Incaran Wisatawan untuk Bersua Poto. Photo: Riki
RNETnews,Lombok Tengah - Pantai Kuta Mandalika dan Pantai Seger masih menjadi idaman para wisatawan untuk berwisata


Dimana Kunjungan wisatawan ke Mandalika pada periode libur lebaran 19-26 April 2023 diperkirakan mencapai 19.500 orang, didominasi oleh wisatawan domestik yang berasal dari Lombok dan sekitarnya, Bali, Jawa, dan Jakarta. 


Berdasarkan pantauan dari pihak pengembang dan pengelola kawasan ekonomi khusus, terdapat empat lokasi Pantai yang jadi incaran wisatawan, seperti Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Aan dan bukit merese


Selain pantai dan bukit tersebut, spot favorit tujuan wisatawan selama libur lebaran tahun ini adalah patung Bapak Presiden RI mengendarai motor di pintu gerbang Pertamina Mandalika International Circuit.


General Manager The Mandalika Molin Duwanno mengatakan, pihaknya selaku pengelola kawasan The Mandalika menyambut baik dan bersyukur dengan minat para wisatawan berwisata ke The Mandalika dalam mengisi hari libur Lebaran ini. 


Kawasan pariwisata The Mandalika memang memiliki beragam spot pariwisata yang menarik yang dapat menjadi pilihan wisatawan, seperti pantai-pantai, bukit-bukit, dan sebuah Sirkuit internasional.


"Untuk mendukung kenyamanan para wisatawan, selama libur Lebaran kemarin ITDC menyediakan parkir gratis di sentral parkir Bazaar Mandalika, area pantai Seger, Tanjung Aan, dan Bukit Merese yang dapat dimanfaatkan bagi kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor maupun bus pariwisata yang membawa rombongan," katanya 


Selain itu ITDC juga membangun Posko Lebaran Seru yang berlokasi di tiga titik yaitu di area Kuta Beach Park (KBP), area Bazaar Mandalika, dan di depan Pertamina Mandalika Sirkuit yang beroperasi sejak tanggal 18 April 2023. 


Selain untuk memberikan layanan informasi lengkap terkait kawasan kepada wisatawan dan pengunjung yang melakukan kegiatan wisata pada periode libur Lebaran, Posko Lebaran Seru ITDC juga berfungsi untuk memantau kepadatan dan keamanan wisatawan.


“Meski periode libur resmi Lebaran telah berlalu, hingga hari ini tingkat kunjungan wisatawan ke kawasan kami masih cukup tinggi,"


"Kami juga memperpanjang hari operasional Posko dari 30 April ke 1 Mei 2023, mengingat 1 Mei 2023 ini merupakan libur nasional, dan kami perkirakan masih ada wisatawan yang akan mengisi liburan dengan berkunjung ke The Mandalika,” tambah Molin.


Selain membangun posko dan melakukan pantauan harian, sebagai pengelola kawasan ITDC juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan para stakeholder dalam menjalankan operasional kawasan, untuk menciptakan situasi yang tertib dan kondusif.


“Kami berterima kasih atas dukungan seluruh stakeholders dan juga wisatawan bahwa selama libur Lebaran ini kita bisa bersama-sama menjaga suasana kawasan aman, nyaman dan menyenangkan,” tutup Molin. (Riki)