Rnet, Yogyakarya - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melalui Rapimnas V pada Rabu, 26 April 2023 resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) yang akan diusung PPP pada Pilpres 2024.


“Setelah melalui musyawarah dan diskusi yang mendalam, dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, PPP memutuskan Bapak Ganjar Pranowo sebagai Capres RI pada Pemilu Pilpres 2024 yang akan datang,” ujar Plt Ketum PPP, Muhammad Mardiono, Rabu (26/4/2023).


Muhammad Mardiono menjelaskan, penetapan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden yang diusung PPP pada pilpres 2024 merupakan hasil dari musyawarh yang mendalam sehingga menetapkan Ganjar Pranowo sebagai bacapres 2024.


“DPP PPP telah menggelar permusyawaratan selama 3 hari beruntun, dilanjutkan dengan Rapimnas V PPP telah melakukan pembahasan dan diskusi mendalam, berbagai potensi telah dikaji secara mendalam,” katanya.


Lebih lanjut Mardiono menjelaskan, keputusan untuk mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai bacapres 2024 karena ingin melanjutkan dukungan kepada Ganjar Pranowo.


Seperti diketahui, PPP telah mendukung Ganjar Pranowo sebagai salah satu tokoh yang mampu dalam menyerap aspirasi masyarakat untuk bisa diangakat dan diajukan sebagai Gubernur Jawa Tengah sebelumnya.


“penetapan pilihan dukungan PPP pada Bacapres didasari pada beberapa alasan dan pertimbangan antara lain, pertama PPP ingin melanjutkan dukungan politik kepada Ganjar Pranowo dalam pencalonan Presiden RI untuk melanjutkan estafet kepemimpinan 2024 dan 2029,” ungkapnya.


“PPP telah menghantarkan beliau menjadi Gubernur Jateng yang berpasangan dengan Kader PPP Taj Yasin,” lanjutnya.


Kedua, PPP ingin menitipkan politik Amar Ma’ruf Nahi Munkar kepada Ganjar Pranowo untuk diimplementasikan dalam tataran politik negara di masa mendatang melalui prinsip politik religious.


Ketiga, PPP memandang bahwa integritas Ganjar Pranowo sangat layak untuk menduduki posisi sebagai pemimpin bangsa, selain itu, dukungan elektabilitas sebagai politisi telah dibuktikan dari berbagai survey telah menempati posisi teratas bila dibandingkan dengan tokoh lainnya.


Keempat, secara historis, Ganjar Pranowo tidak dapat dipisahkan dari PPP karena mertuanya merupakan kader dari PPP.


Untuk itu, berdasarkan pertimbangan yang ada, PPP mengusung Ganjar Pranowo sebagai bacapres pada pemilu 2024 mendatang dan akan mengkomunikasikan hasil Rapimnas V kepada Presiden Joko Widodo.


“Sebagai partai koalisi pemerintah, PPP juga akan mengkomunikasikan kepada Presiden Jokowi terkait ketetapan Rapimnas V PPP sebagai arah jalan politik perjuangan,” imbuhnya. (red.)