Tingkatkan Mutu Hasil Produksi Gula Aren Di Langko Mahasiswa KKN Unram Terpadu Gelar Lokakarya

Mahasiswa Universitas Mataram (UNRAM) bersama warga Langko Kecamatan Lingsar yang memproduksi Gula Aren. Photo: Istimewa

Lombok Barat - Sosialisasi dan pelatihan pengembangan usaha gula semut aren di Desa Langko, Kecamatan Lingsar di laksanakan oleh mahasiswa KKN Unram terpadu yang merupakan program kerja utama mereka pada sabtu ( 14/01 ) berlangsung penuh semangat dan antusiasme warga dusun setempat yang tinggi.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Desa Langko Kecamatan Janapria, Mawardi, hadir juga Kepala Dusun Muhajirin, Abdul Aziz, Babinsa, M. Faesal, dan Puluhan Warga Desa langko, terutama warga Dusun Muhajirin.

Kegiatan ini merupakan program kerja utama dari mahasiswa KKN Terpadu Universitas Mataram yang bertempat di Desa Langko, Lingsar Lombok Barat (Lobar). 

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Dusun Muhajirin, Desa Langko dikarenakan di lokasi inilah banyak warga yang berkerja sebagai petani aren.

Adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan (lokakarya) ini supaya tersedianya agroindustri gula aren secara mekanis untuk petani dan pengrajin gula aren di Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

Disamping itu untuk meningkatkan motivasi petani dalam mengolah gula aren menjadi gula semut semut, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani, itu sendiri. Meningkatkan mutu hasil produksi gula aren petani, membantu petani / kelompok tani dalam hal meningkatkan pendapatan dan permodalan usaha tani gula aren. Yang terpenting adalah meningkatkan nilai jual hasil olahan gula aren untuk mendapatkan penghasilan yang Lebih baik bagi warga setempat dan ketersediaan masyarakat akan Gula Aren tersebut. (*)

0 Komentar

Posting Komentar