Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi SJ. Bersama Ketua OJK NTB  rapat koordinasi program Lotim Berkembang dan Persiapan Peluncuran Program Kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pada hari Senin (26/9) di Ruang Rapat Utama II Kantor Bupati Lotim.


RNETNEWS, Lombok Timur-Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi SJ. selaku Ketua TPAKD Lombok Timur, mengadakan rapat koordinasi program Lotim Berkembang dan Persiapan Peluncuran Program Kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pada hari Senin (26/9) di Ruang Rapat Utama II Kantor Bupati Lotim.

Dalam rapat tersebut hadir Dinas Peternakan, Bagian Ekonomi, Ketua OJK NTB, Bank Indonesia, Jasindo, Sinarmas, BRI, BNI, BCA, dan Pegadaian.

Wakil Bupati Lotim mengatakan mengenai merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) Wabup Rumaksi menyampaikan PMK pada sapi sudah dapat dikendalikan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Lotim melalui pemberian vaksinasi.

Dimana saat ini 40 persen lebih sapi telah mendapat vaksin. Kabupaten Lotim menduduki urutan pertama di Provinsi NTB terkait percepatan vaksinasi PMK. Dimana  terjadi di lapangan saat ini adalah permintaan pasar membengkak, namun harga jual belum stabil.

” Untuk itu TPAKD meminta relaksasi kepada perbankan, guna mengantisipasi terjadinya kerugian  masyarakat yang menerima manfaat program Lotim Berkembang tersebut,”tegasnya.

Menurutnya dinas terkait juga akan melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk menyelesaikan kendala teknis yang ditemukan di lapangan.

Dimana TPAKD saat ini tengah mempersiapkan  Lotim Berkembang dengan sasaran masyarakat yang menjalankan UMKM, lebih spesifik lagi usaha ultra mikro, di mana maksimal tenor pinjaman Rp. 5 juta.

” TPAKD menggandeng PT. Pegadaian sebagai mitra penyalur,”Ujarnya.(Rijal).