RNETNEWS,Mataram - Operasi Zebra Rinjani 2022 akan digelar oleh Satuan Lalu Lintas Polresta Mataram,selama dua pekan mulai 3 Oktober 2022 sampai dengan 16 Oktober 2022.

“Sasaran yang menjadi prioritas saat Operasi Zebra Rinjani adalah pengendara yang tidak melengkapi kelengkapan berkendara. Tak hanya itu, juga akan ditindak pengendara roda dua dan empat yang melanggar seperti melawan arus,” ujar Wakapolresta AKBP Syarif Hidayat SH SIK saat memimpin Latihan Pra Oprasi serentak melalui vicon di ruang rapat Bagian Ops Polresta Mataram. Kamis, (29/09)

Adapun tujuan dari diselenggarakannya oprasi zebra rinjani 2022 ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas.

“tujuan dari Operasi Zebra untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara serta menekan kecelakaan yang sering terjadi. Meskipun operasi nanti berakhir, kami harap masyarakat tetap patuh pada aturan lalu lintas,” ucap AKBP Syarif.

Kasat Lantas Polresta Mataram Kompol Bowo Tri Handoko SE,SIK ditempat terpisah juga menyampaikan Pihaknya akan tetap tegas dalam melaksanakan oprasi ini.

"selama Operasi Zebra Rinjani 2022, polisi tetap akan bersikap tegas dengan tetap mengedepankan tindakan preemtif atau imbauan dan pendeketan kepada masyarakat." tegas Bowo.

Berikut 7 prioritas pelanggaran yang akan ditindak, yakni:

1. Berkendara sambil main HP

2. Pengemudi dibawah umur

3. Berbonceng lebih dari 1 orang

4. Tidak menggunakan helm SNI

5. Mengemudi dalam pengaruh alkohol

6. Melawan arus

7. Pengemudi kendaraan roda empat tidak menggunakan safety belt


"ketujuh pelanggaran itu sering sekali terjadi dan seolah biasa bagi masyarakat, padahal ini memiliki resiko besar keselamatan bagi si pengendara dan orang lain di sekitarnya sebagai sesama pengguna jalan raya," tandas Kompol Bowo. (red.)