TpYiGfAoGfYiGUCpGSGoTUr8TA==

Pemasangan Jaringan Telekomunikasi Sirkuit MXGP Samota Mulai Dikerjakan



Sumbawa, NTB- Pemasangan jaringan telpon dan internet untuk suport sirkuit Moto Cross Grand Prix atau MXGP Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, mulai dikerjakan.

PT Telkom menurunkan sebanyak 10 pekerja untuk pemasangan tiang dan kabel optik dengan taget bulan maret selesai pemasangan dan April jaringan telpon dan internet sudah bisa diakses. 

Kepala PT Telekomunikasi Indonesia, Kantor Daerah (Kakandatel) Sumbawa, Edi Baharudin, Selasa (15/3/22) mengatakan, telah melakukan koordinasi dan survey lokasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan tim MXGP. 

"Pembangunan atau pemasangan jaringan untuk suport MXGP Samota itu sudah mulai kami lakukan lebih awal. Sekarang progres pembangunan atau pemasangan infrastruktur penenamam tiang dan penarikan kabel sudah hampir rampung kita pasang," kata Edi. 

Akhir Maret ini, lanjut Edi, pemasangan seluruh jaringan sudah selesai akhir Maret 2022 dan untuk penggunaan data internet dan telekomunikasi lainnya siap di awal April. 

"Intinya telkom sangat suport. Bulan Maret sudah selesai pemasangan dan Bulan April atau bulan depan itu sudah on ya, servicenya sudah bisa dipakai," tegas Kakandatel. 

Edi merincikan, pemasangan jaringan akses kabel utama sepanjang 10 kilometer dengan jumlah tiang sebanya 260 batang dipasang sepanjang Jalan Samota, lokasi sirkuit hingga kawasan Sea Side.

"Disana kami akan memberikan pelayanan tripel play untuk full suport penyelenggaraan mxgp, sehingga nanti masyarakat bisa menikmati layanan Fourth Generation Technology atau 4G di kawasan Samota," tegas Edi lagi.

Jangka panjang, tambah Edi, pasca MXGP jaringan ini bisa digunakan untuk kawasan wisata, villa, perumahan dan bahkan jaringan ini menjangkau Pulau Moyo denga. 

"Saat ini sudah kita pasang 3 jenis kabel dengan kapasitas berbeda sepanjang 10 kilometer. Untuk ritelnya nanti ke perumahan perumahan kita pasang lagi kurang lebih 5 kilometer sehingga kedepan jaringan yang kami bangun untuk MXGP ini dapat dimanfaatkan oleh masyaralat dan perumahan perumahan di kawasan Samota," kata Edi menambahkan.

Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany mengatakan, perhelatan MXGP akan banyak membawaanfaat untuk masyarakat banyak. Salah satunya, jaringan telekomunikasi yang akan digunakan untuk MXGP nanti jangka panjang akan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Pasti ada impacknya untuk masyarakat, jaringan internet dan telpon pasca MXGP nantinya akan bisa di akses oleh masyarakat yang tinggal di daerah Samota dan sekitarnya," kata Dewi Noviany. (Irwansyah)

Komentar0

Berkomentar dengan mencantumkan link promosi otomatis kami hapus.

Type above and press Enter to search.