Pesawat berbadan besar dengan jenis Boeing 777 Freighter Qatar Airways yang berangkat dari Doha kembali mendarat di Bandara Internasional Lombok (BIL) pada Selasa (9|11)dengan membawa logistik untuk World Superbike yang akan digelar pada 19-21 November mendatang

"Ini pesawat kargo kedua yang membawa logistik WSBK, sebelumnya sudah datang tadi malam (Selasa, red) dengan jenis sama," Ucap General Manager Angkasa Pura 1 Nugroho Jati

Lanjut Jati, bahwa kargo tersebut berisikan sparepart serts motor yang akan digunakan pada saat event WSBK nantinya

"Untuk berat logistik yang dibawa sekitar 100 ton beratnya," Terangnya

Menurut Nugroho Jati, pendaratan pesawat sekelas Boeing 777 ini merupakan peristiwa bersejarah bagi Bandara Lombok. 

“Ini sekaligus membuktikan bahwa runway dan apron baru Bandara Lombok cukup mumpuni untuk melayani pesawat berbadan besar,” imbuhnya. 

Sebagaimana diketahui, menjelang perhelatan WSBK 2021 ini Bandara Lombok telah berhasil menuntaskan berbagai proyek pengembangan bandara. Apron Bandara Lombok telah diperluas dari 108.100 meter persegi menjadi 136.300 meter persegi dan mampu menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body. 

Runway Bandara Lombok yang sebelumnya memiliki panjang 2.750 meter juga telah diperpanjang menjadi 3.300 meter serta ditingkatkan daya dukungnya sehingga mampu melayani operasional pesawat sekelas Boeing 777. (RA)