Konprensi pers Mandalika Racing Series. Photo: Istinewa

RNETnews.com,Mandalika,-Mandalika Racing Series (MRS) akan kembali digelar di Sirkuit Mandalika pada tanggal 2-3 Maret 2024. Acara balap kelas nasional ini menawarkan kesempatan bagi para penggemar otomotif untuk menyaksikan aksi balapan yang seru dan mendebarkan secara gratis.


Bagi warga yang ingin menonton balapan ini, penyelenggara telah menyediakan Grand Stand A sebagai tempat yang ideal untuk menyaksikan aksi balapan dari dekat.


Grand Stand A memberikan pemandangan yang spektakuler dan posisi yang strategis untuk menikmati setiap momen balapan.


Balapan berlabel Kejuaraan Nasional (Kejurnas) ini akan menjadi pembuka rangkaian kejuaraan balap sepeda motor di Indonesia, yang diawali pada 2 dan 3 Maret nanti di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Sebanyak lima seri balapan sepeda motor akan mewarnai gelaran Mandalika Racing Series 2024 ini.


Lima seri tersebut, tiga diantaranya kelas utama, yakni Sport 150 cc, Sport 250 cc, dan Super Sport 600 cc. Selain ketiga kelas utama tersebut, terdapat kelas Underbone 150 U-20, Supersport 600 cc, dan Superbike 1000 cc Community.


Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menyebut pelaksanaan balap sepeda motor itu menjadi salah satu langkah untuk pembinaan pembalap muda di Indonesia.


“Kami dari MGPA akan terus memfasilitasi pembinaan untuk membangun prestasi para pembalap Indonesia agar bisa menapak jenjang balapan lebih tinggi. Mandalika Racing Series telah menjadi ikon kejuaraan nasional yang telah memunculkan para pembalap juara di level yang lebih tinggi seperti ARRC dan Asia Talent Cup,” kata Priandhi.


“Dengan akan dilangsungkannya lima putaran tahun 2024 ini, diharapkan ajang MRS (Mandala Racing Series) bisa kembali mendapatkan para pemenang baru untuk meneruskan supremasi balap motor Indonesia di masa mendatang,” tambahnya.


Berbagai peningkatan telah dilakukan untuk Mandalika Racing Series 2024, di antaranya dengan regulasi teknik yakni registrasi produk komponen sepeda motor balap.


“Tahun ini kami mengeluarkan aturan mengenai registrasi produk agar semua komponen yang digunakan sudah didaftarkan ke IMI, jadi bisa dilindungi pengaplikasiannya di ajang balap. Ini upaya kami menjaga roda kompetisi di tingkat nasional bisa terus berjalan dengan dukungan para sponsor,” jelasnya.


Selain regulasi teknik, hal lain yang membedakan dengan Mandalika Racing Series 2023 adalah adanya balap superpole, yang dilakukan untuk menentukan susunan pembalap yang akan menghuni posisi start.


"segera rencanakan kunjungan Anda dan nikmati momen balapan yang spektakuler ini," ajak Priandhi. (*)