Para pemenang ajang balap mobil nasional Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 saat berada di atas podium. Photo: Istimewa
Mandalika - Ajang balap mobil nasional Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 yang diselenggarakan dari tanggal 27-28 Januari 2024 telah berakhir dengan sukses di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dua pembalap muda, Rio Saputro Budiharjo alias Rio SB dan Aldio Oekon, berhasil menorehkan prestasi gemilang di kelas sprint race dan endurance race.


Rio SB, yang membela tim Rizki Motor Sport, tampil sebagai juara di kelas sprint race dengan durasi 25 menit ditambah satu putaran. Ia mengungguli Aldio Oekon dari Citadel Racing Team dan Budiyanto S dari tim JVS Ms Glow Racing, yang menempati posisi kedua dan ketiga.


Rio SB mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, kedua orang tuanya, timnya, dan para pendukungnya yang telah memberikan dukungan penuh kepadanya. Ia juga berharap bisa mempertahankan performanya di balapan mobil tahun 2024 nanti.


"Terimaksih kepada Tuhan Yang Maha Esa, kedua orang tua saya, tim saya dan para suporter saya yang telah mendukung saya hingga mampu podium pada putaran terakhir Porsche Sprint Challenge 2023 ini," ungkap Rio SB. Minggu,(28/1/2024)


"Mudahan pada balapan mobil tahun 2024 nanti, podium ini masih berpihak kepada saya," ucap Rio SB.


Sementara itu, Aldio Oekon berhasil membalas kekalahan di kelas sprint race dengan menjadi juara di kelas endurance race dengan durasi 45 menit. Ia mengalahkan pasangan Ahmad F dan Rudi SL dari Apriwa Motorsport, yang berada di posisi kedua, dan pasangan Hendrik Jaya Soewatdy dan Jhon Kwo dari tim Merah Putih Racing, yang menempati posisi ketiga.


Aldio Oekon mengaku senang bisa menjadi juara di kelas endurance race, yang menurutnya lebih menantang dan membutuhkan strategi yang tepat. Ia juga mengapresiasi pesaing-pesaingnya yang memberikan perlawanan sengit.


Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 merupakan ajang balap mobil yang menggunakan mobil Porsche 911 GT3, yang digelar sebanyak tiga putaran yang dibagi dalam tiga kelas. Putaran ketiga yang digelar di Sirkuit Mandalika merupakan putaran final tahun 2023, yang diikuti oleh delapan kendaraan. Dua kendaraan lainnya tidak bisa ikut karena masih dalam perbaikan.


Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, mengatakan bahwa Porsche Sprint Challenge Indonesia akan kembali digelar pada tahun 2024 ini, dengan rencana empat putaran. Ia berharap pesertanya semakin banyak dan semakin berkualitas.


"Hari ini kami menggelar Porsche Sprint Challenge Indonesia putaran ke tiga dan ini merupakan rangkaian final dari putaran 2023, dan kegiatan balapnya hari ini finalnya," ucap Priandhi Satria.


"Tahun 2024 ini rencananya kita akan gelar selama 4 kali, mudahan pesertanya semakin banyak," jelas Priandhi Satria.


Priandhi Satria juga mengungkapkan bahwa target berikutnya Porsche Sprint Challenge Indonesia adalah naik kelas menjadi pertandingan kelas internasional pada tahun 2025 mendatang. Ia mengatakan bahwa hal itu telah mendapat persetujuan dari pihak Porsche Jerman.


"Insya Allah kalau tidak ada kendala, tahun 2025 nanti, kita gelar balap mobil yang lebih besar lagi yakni Porsche Carrera Cup Asia," pungkas Priandhi Satria. (red.)