TpYiGfAoGfYiGUCpGSGoTUr8TA==

Ganjar Ingin Wujudkan Kesetaraan dan Beri Ruang Publik Ramah Bagi Disabilitas

Ganjar saat menemui penyandang difabel di Kota Mataram. Photo:RNETnews
Mataram - Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, mengunjungi Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk merayakan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh pada tanggal 3 Desember. Dalam kunjungannya, Ganjar Pranowo berinteraksi dengan para penyandang disabilitas, memberikan kursi roda, dan menerima lukisan dari seorang pelukis disabilitas. Minggu, (03/12/2023). 

Ganjar Pranowo menginap di Mataram kemudian pada  Minggu pagi langsung menuju Car Free Day (CFD) di Jalan Udayana. Di sana, ia disambut dengan antusias oleh ribuan masyarakat yang ingin berjabat tangan dan berfoto dengannya. Ganjar Pranowo juga menyempatkan diri untuk menggendong bayi seorang warga yang menunggunya melintas.

Setelah berjalan-jalan di CFD, Ganjar Pranowo melanjutkan kegiatan ke Poonar Sport Centre, tempat berkumpulnya para penyandang disabilitas. Di sana, ia berdialog dengan mereka, mendengarkan aspirasi dan keluhan mereka, serta menyampaikan program-program unggulannya yang berkaitan dengan disabilitas.

Salah satu program unggulan Ganjar Pranowo adalah memberikan akses pendidikan yang berkualitas bagi warga disabilitas melalui peningkatan sekolah inklusif, peningkatan kuantitas dan kualitas SLB, dan menyediakan beasiswa khusus bagi warga disabilitas. Selain itu, Ganjar Pranowo juga berjanji untuk memberikan insentif dan konsesi bagi perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas, serta meningkatkan akses kesehatan dan kesejahteraan sosial bagi mereka.

"Pemberian insentif dan konsesi bagi perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas," kata Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, di Poonar Sport Centre. 

Ganjar Pranowo juga menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan kursi roda kepada Zaenal Abidin, seorang penyandang disabilitas ragam tuna daksa dari Sembung, Narmada, Lombok Barat. 

"Terus semangat menjalani aktivitas ya pak. Untuk memudahkan menjalani kegiatan, saya hadiahkan kursi roda untuk bapak, semoga bermanfaat ya pak," ucap Ganjar kepada Zaenal.

Zaenal Abidin mengaku senang dan bersyukur dengan pemberian kursi roda tersebut, karena dapat memudahkan aktivitasnya sehari-hari. Ia juga berharap agar akses jalan yang dilaluinya dapat lebih diperbaiki oleh pemerintah daerah.

"Saya bersyukur dan berterima kasih, dengan sudah ada kursi roda ini. Kedepannya pasti lebih mudah aksesnya dengan adanya kursi roda ini. Semoga nanti akses jalannya juga lebih dipermudah. Karena kami saat ini untuk akses jalan yang kami lalui sulit," ujar Zaenal sambil menghampiri kursi roda pemberian Ganjar dan langsung menggunakannya.

Tidak hanya itu, Ganjar Pranowo juga mendapatkan kejutan dari Mandra, seorang pelukis disabilitas yang hadir untuk memberikan hadiah berupa lukisan bergambarkan wajah dari Ganjar Pranowo. Mandra mengaku kagum dengan sosok Ganjar Pranowo, dan berharap agar ia dapat menjadi presiden yang peduli dengan disabilitas.

"Terima kasih banyak atas lukisan ini, saya sangat menghargai karya Anda. Saya berharap Anda terus berkarya dan menginspirasi orang lain dengan bakat Anda," ucap Ganjar Pranowo sambil menerima lukisan dari Mandra.

Bertepatan dengan HDI ini, Ganjar Pranowo juga melakukan dialog langsung dengan para penyandang disabilitas se-Indonesia melalui perwakilan dari 38 provinsi. Komunikasi Ganjar Pranowo berlangsung melalui teleconference bersama teman-teman penyandang disabilitas.

Ganjar Pranowo mengatakan bahwa ia ingin disabilitas mendapatkan akses serupa dengan warga lainnya, sehingga sikap diskriminatif bisa dihilangkan dalam kehidupan bermasyarakat. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan memberdayakan disabilitas, agar mereka dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa. (red.) 

Komentar0

Berkomentar dengan mencantumkan link promosi otomatis kami hapus.

Type above and press Enter to search.