Selong - Dalam rangka meningkatkan potensi siswa dan guru, SMKN 1 Keruak Kabupaten Lombok Timur menjalin kerja sama sengan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya.

Kepala sekolah SMKN 1 Keruak Royani Jauhari mengungkapkan, jalinan kerja sama ini untuk meningkatkan kompetensi Basic Safety Training (BST) yang merupakan  program pelatihan wajib yang harus ditempuh oleh setiap pelaut yang ingin bekerja di kapal.

"Jadi bukan hanya siswa yang dapat disana, tetapi juga para guru juga dapat meningkatkan pengetahuannya,"ujarnya.

Dengan menjalin kerja sama dengan Poltekpel surabaya ini jelasnya, tentunya nanti para guru dan siswa dapat melihat kemaritiman atau nautika seperti apa. Sehingga para guru dan siswa dapat meniru seperti apa yang diterapkan disana.

"Bagaimana poltekpel ini mengelola asrama, bagaimana dalam bimbingan pelayaran, semua bisa kita tiru, karena SMKN 1 Keruak ini kan khusus untuk pelayaran,"ujarnya.

Bukan hanya itu sambunya, poltekpel ini juga merupakan salah satu perguruan yang di hususkan untuk sekolah ikatan dinas. Artinya, para siswa nantinya bisa melanjutkan pendidikan ke poltekpel agar bisa menjadi ASN yang bekerja di bidang perhubungan.

"Ini juga sangat penting, karena husus untuk jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) dan Nautika Kapal Niaga ( NKN) ini memang sudah ada jurusan masing - masing disana,"bebernya.

Untuk itu lanjutnya, dengan menjalin kerja sama dengan poltekpel ini, SMKN 1 Keruak ini dapat mengadopsi sistem pembelejaran serta yang paling penting, bagaimana kita dapat meningkatkan kompetensi siswa  sehingga anak - anak yang lulus dari SMK ini memiliki keahlian yang diharapkan dunia industri kita.

" Banyak manfaat yang akan kita dapatkan nanti, termasuk bagaimana anak - anak kita dapat melanjutkan pendidikan untuk ikut dalam pendidikan ikatan dinas, sehingga ketika lulus langsung menjadi ASN,"harapnya. (irwan)