Saat sejumlah srikandi NTB menampilkan Gamelan Sasak dan Tari Sumbawa Meriahkan MATTA FAIR 2023 di MITEC Mall, Kuala Lumpur, Malaysia. Photo: Istimewa
Mataram, RNETnews.com - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menunjukkan pesona budayanya di ajang MATTA FAIR 2023, event travel fair terbesar di Asia yang berlangsung di MITEC Mall, Kuala Lumpur, Malaysia. Pada Jumat 1 September 2023 kemarin.  NTB tidak hanya menawarkan paket wisata alam yang indah, tetapi juga menghibur pengunjung dengan pertunjukan gamelan Sasak dan tari tradisional Sumbawa.

MATTA FAIR 2023 adalah event travel fair yang diikuti oleh puluhan penggiat wisata dari berbagai negara. Event ini berlangsung dua kali dalam setahun, dan kali ini bertepatan dengan pengenalan program baru MATTA Career and Education Fair, yang bertujuan untuk mengenalkan dunia pariwisata kepada para pemuda Malaysia, khususnya para pelajar dan pencari kerja.

NTB, melalui BPPD NTB dan SRIKANDI NTB, turut ambil bagian dalam event ini dengan membuka booth untuk mempromosikan dan menjual paket wisata terbaik di Pulau Lombok dan Sumbawa. Selain itu, NTB juga dipercaya menjadi pengisi acara Cultural Performances, yang berlangsung di lantai 3 gedung MITEC.

Pada acara tersebut, SRIKANDI NTB menyuguhkan gamelan tradisional Lombok dan tari asal Pulau Sumbawa. Gamelan Sasak adalah alat musik khas Lombok yang terbuat dari bambu dan kayu. Alat musik ini menghasilkan bunyi yang merdu dan harmonis. Tari tradisional Sumbawa adalah tarian yang berasal dari Pulau Sumbawa, yang menampilkan gerak tubuh yang lincah dan anggun.


Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan bahwa partisipasi NTB dalam MATTA FAIR 2023 adalah bukti nyata komitmen pemerintah daerah untuk mengangkat sektor pariwisata ke tingkat internasional.

“NTB tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, namun juga menyimpan banyak potensi lainnya seperti produk UMKM mutiara ketak hingga tenun. Dan satu lagi perlu diingat NTB juga kaya akan kebudayaan kesenian,” kata Wagub usai tampil bersama Tim Gamelan Srikandi NTB,dalam rilis tertulisnya kepada media. Minggu (03/09/2023)

Leja Kodi, Sekretaris BPPD NTB yang menjadi koordinator kegiatan rombongan BPPD NTB dan SRIKANDI NTB menjelaskan bahwa di ajang MATTA FAIR 2023 ini mereka ingin menunjukkan pesona NTB secara menyeluruh.

“Kita tidak hanya menampilkan pesona Pulau Lombok yang sudah cukup memiliki nama di dunia pariwisata, tetapi kita juga ingin Pulau Sumbawa mendapatkan rekognisi serupa. Alam, budaya, dan kekayaan nilai-nilai sejarah di Pulau Sumbawa adalah produk wisata yang harus kita promosikan bersama. Lombok dan Sumbawa harus selalu bergandengan dalam setiap kegiatan promosi pariwisata NTB,” jelas Leja Kodi.

Pertunjukan gamelan Sasak dan tari tradisional Sumbawa dari SRIKANDI NTB berhasil menyita perhatian ribuan pengunjung dari berbagai belahan dunia. Hal ini diharapkan mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk menjelajahi keindahan Pulau Lombok dan Sumbawa, serta menikmati kekayaan budaya yang dimiliki oleh Nusa Tenggara Barat. (red.)