Rute jalur L'Etape Indonesia by Tour de France 2023 - Mandalika. Photo: ig letape. indonesia.
RNETnews.com, NTB - Kabupaten Lombok Tengah kembali menjadi tuan Rumah balap Sepeda kelas internasional yang akan digelar pada 27-28 Mei mendatang. 


Persiapan untuk event tersebut pun sudah dilakukan sejak beberapa minggu belakangan ini,seperti ruas jalan yang akan dilalui para pembalap. 


"Persiapan kita sudah ready, tinggal pembersihan ruas jalan saja," ungkap Kepala Dinas PUPR Lalu Rahadian saat ditemui pada Senin,(22|5). 



Terdapat 8 ruas jalan kabupaten yang akan dilewati oleh para pembalap yaitu, jalur Darek-Mt. Buwuh, Darek -Pelambek, Pelambek-Ranggegate, Ranggegate-Batu Bolong, Jontlak-Gerantung, Dermaji-Bakan, Bakan-Langko, dan Mujur-langko. 


"Dari 8 ruas jalan itu, 2 diantaranya rusak ringan dan dalam tahap perbaikan," ujarnya. 


Adapun ruas jalan yang mengalami rusak ringan seperti Jalan Mujur-langko dan Ranggegate-Batu Bolong. 


"Kalau yang lainnya masih dalam kondisi baik," katanya. 


Untuk ruas jalan yang rusak ringan hanya dilakukan penambalan saja sepanjang 6 Kilometer tepatnya ruas jalan Mujur-Langko




Di tempat yang sama, Riri Aria General Manager holding L'Eape Indonesia mengatakan, Untuk jumlah peserta saat ini sebanyak 409 peserta dari 6 negara seperti Singapura, china, Malaysia, Brunai dan pesertanya terbanyak dari Malaysia


"Untuk peserta seluruhan lebih banyak tahun lalu yang 750," ujarnya


Pihaknya melakukan pembatasan peserta sampai 500 peserta


"Kami masih buka pendaftaran online saat ini," terangnya


Nantinya para pembalap akan menempuh jarak 141 Kilometer dengan Start -Finish di Mandalika


"Adapun kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas Long Distance 141 Kilometer (Km), Short distance 79 Km dan non road bike 48 Km yang diikuti oleh peserta sekitar 500 peserta," tutur Riri


Namun ada sedikit yang berbeda dari tahun sebelumnya yakni juara tambahan untuk pembalap lokal NTB dengan The Best Lokal. (Riki/red.)