NTB, RNETnews- Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas secara nasional dan membuka Festival Kemandirian BLK Komunitas di Pondok Pesantren Manhalul Ma'arif Nahdlatul Ulama Darek di Desa Darek, Kecamatan, Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (10/2).


Wapres menyampaikan pemerintah telah memiliki strategi dalam hal memastikan SDM Indonesia agar memiliki kualitas dan kapabilitas untuk beradaptasi dengan segala perubahan. Salah satunya adalah penguatan eksistensi BLK Komunitas.


“Melalui BLK Komunitas diharapkan masyarakat dapat memperoleh keterampilan serta menekan angka pengangguran,” ucapnya.


Ia juga mengarahkan kepada pemerintah daerah agar konsisten mendukung keberadaan dan keberlangsungan BLK komunitasi di daerahnya masing-masing.


Sampai dengan saat ini telah terbangun 3.757 BLK Komunitas di seluruh Indonesia.


“Hari ini saya resmikan 846 BLK Komunitas saya nyatakan diresmikan, semoga melalu ini mampu mengelola dan memanfaatkan SDM dengan sebaik mungkin,” tutupnya.


Dengan adanya pengembangan kejuruan, BLK Komunitas dapat melakukan pelatihan sesuai dengan potensi daerah, sehingga keluaran pelatihan dari BLK Komunitas dapat terserap di dunia industri dan mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha sehingga pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran.(*)