Mataram,RNETnews - Warga Negera Indonesia (WNI) terdampak gempa di Turkiye Sore ini dipulangkan sebanyak 86 orang,dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut dengan dua jenazah yang menjadi korban, yakni Nyoman Supini asal Bali dan Irma lestari asal NTB. Keduanya akan tiba dimasing-masing daerah pada Rabu (23/2) besok.


"Dari surat yang kami terima dari pusat, 84 orang WNI yang selamat bersama dengan 2 jenazah korban gempa akan dipulangkan sore hari ini pukul 19.50 WIB menggunakan pesawat Garuda GA 7890 dari Turkiye ke Jakarta," ungkap Kepala Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja MIgran (BP3MI) NTB, Mangiring Hasoloan Sinaga, saat dihubungi media ini, Rabu (22/2).


Untuk 84 orang WNI yang selamat ini dipulangkan bersamaan dengan 2 jenazah korban gempa Turkiye yang terjadi pada 6 Febuari dini hari waktu setempat. Gempa dengan kekuatan 7,8 magnitudo menelan puluhan ribu orang korban meninggal dunia dan luka-luka. Kemudian Turkiye kembali di guncang gempa 6,3 magnitudo.


"WNI yang dipulangkan seluruhnya warga dari berbagai daerah di Indonesia, jadi kita tidak tau dapat berapa (data warga NTB). Karena nanti datang dulu di Jakarta, kemudian didata masing-masing daerah," bebernya.


Setelah dilakukan pendataan baru kemudian 84 orang WNI ini dipulangkan ke masing-masing daerah mereka. Karena ini perjalanan dari luar negeri maka mereka harus mengikuti protokol kesehatan covid-19. Dimana kemungkinan akan dilakukan karantina dan sebagainya.


"Kalau untuk warga NTB sementara ini belum bisa dipastikan berapa orang. Belum ada info juga dari sana, maklumlah karena ini korban-korban masih trauma. Yang pasti satu jenazah korban gempa asal NTB akan tiba besok Kamis (23/2),pada pukul 13.55 WITA menggunakan pesawat Garuda GA 430 ETA " jelasnya. 


Berdasarkan informasi sebelumnya, ditemukan 2 orang WNI menjadi korban meninggal dunia, dimana keduanya merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Sedangkan untuk 84 WNI yang dipulangkan ini belum dipastikan apakah mereka PMI atau bukan.


"Yang pasti WNI yang selamat pulang bersama jenazah ini, bisa saja turis, pelajar, PMI yang lagi disana. Pesawatnya dari Turkiye sore ini ke Jakarta," tandasnya. (red.)