Rnetnews,Lombok Timur - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Sikur, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menyalurkan bantuan makanan tambahan untuk anak-anak penderita stunting di Desa Sikur Barat, Kecamatan Sikur. Bantuan yang disalurkan tersebut terdiri dari ribuan butir telur dan paket sembako lainnya. 

Penyaluran paket sembako ini dipimpin langsung, Kepala SMKN 1 Sikur, Hasbi Ahmad, S.Pd., M. Pd didampingi OSIS, Dharma Wanita SMKN 1 Sikur beserta guru. Kehadiran SMKN 1 Sikur disambut langsung orang tua anak penderita stunting, Sekdes Sikur Barat, Ketua PKK dan Ketua Kader Desa Sikur Barat. 

Disampaikan Hasbi Ahmad, program ini merupakan implementasi dalam mewujudkan NTB Gemilang. Dimana Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd betul-betul berkomitmen untuk memberantas yang namanya stunting ditengah aneka makanan yang bertaburan. 

Sehingga ini tantangan bagi masyarakat untuk tetap menjaga keseimbangan gizi bagi anak-anaknya. Diketahui, SMKN 1 Sikur menyalurkan 85 paket sembako atau makanan tambahan serta ribuan butir telur. 

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian SMKN 1 Sikur untuk menjaga gizi anak-anak kita di Desa Sikur Barat. Terutama yang terdata mengalami gejala stunting," terang Hasbi Ahmad. 

Kegiatan inipun sebagai wujud pelaksanaan visi SMKN 1 Sikur yang SMART (Smart, Inovatif, Kreatif, Unggul dan Religius). Visi yang religius inilah yang saat ini dilaksanakan dalam bentuk pemberian makanan tambahan. Dimana pengadaan makanan tambahan ini bersumber dari sedekah amal setiap hari Jumat para siswa dan guru. 

Pada kesempatan itu, Hasbi Ahmad mengajak pemerintah desa untuk bersama-sama menuntaskan stunting secara berkelanjutan agar lahirnya generasi-generasi hebat yang nantinya roda pembangunan di daerah ini. 

Bahkan semangat Wakil Gubernur NTB yang rutin bersosialisasi stunting ke pelosok-pelosok desa, kata Hasbi, menjadi semangat SMKN 1 Sikur berbuat serupa hingga terwujudnya NTB Gemilang di sektor kesehatan. 

 "Anak adalah amanah dari Allah yang harus dijaga dan dirawat. Untuk itu, mari kepada para orang tua supaya memberikan gizi seimbang kepada anak-anaknya yang merupakan generasi penerus dan aset bangsa," pesannya. 

Sekretaris Desa Sikur Barat, Syukron Ahmad Saprodi, berterima kasih kepada Pemprov NTB melalui SMKN 1 Sikur atas kepeduliannya menyalurkan makanan tambahan untuk memberantas stunting. 

Disebutkan, penderita stunting di Desa Sikur Barat sejak tahun 2017 di atas angka 100 anak. Sedangkan di tahun 2022 tercatat sebanyak 58 anak. Tentunya bantuan makanan tambahan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sikur Barat dalam menuntaskan stunting. 

Hal senada disampaikan Ketua PKK, Suhaiminah didampingi Ketua Forum Kader Desa Sikur Barat, Nurhasanah, juga bersyukur atas bantuan SMKN 1 Sikur yang begitu bermanfaat. 

"Terima kasih banyak SMKN 1 Sikur yang begitu peduli terhadap masyarakat kami, terutama dalam menuntaskan kasus stunting di Desa Sikur Barat," tutupnya. (Wn)