Logistik Super Bike yang tiba di Bandara Internasional Zainudin Abdul Madjid Lombok. Photo: Istimewa
Lombok Tengah, RNETnews - Logistik Super Bike 2023 seri indonesia telah tiba di Bandara Internasional Zainudin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok Tengah, pada dini hari tadi. Selasa (28/02). 


Kepala Kantor Bea Cukai Mataram saat meninjau langsungkedatangan dan bongkar muat logistik Super Bike (SBK) 2023 di Bandaram ZAM Lombok Tengah, berharap sinergitas dari semua pihak untuk menyukseskan SBK kali ini. 


"yang diperlukan adalah sinergi semua pihak agar kegiatan WSBK 2023 Mandalika berjalan lancar dan aman,dengan koordinasi yang baik dan inten semua pihak, kami yakin acara ini akan berjalan sesuai yang diharapkan," ucapnya. 


Sementara itu, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria yang juga di lokasi mengatakan, logistik yang datang ini langsung dari Australi kurang lebih 100 ton dibawa menggunakan pesawat Qantas Airways jenis Boeing 747-400F bernomor registrasi QF7581.


"pagi dini hari 28-feb jam 01:15, saya atas nama MGPA, bersama AP LOGISTIC, AP Lombok, Bea Cukai Mataram menyaksikan kedatangan pesawat dari Australia yang membawa ± 100-ton barang² DORNA yang akan dipergunakan untuk ajang WSBK-2023," 


"Barang-barang ini akan dikirimkan langsung ke sirkuit dan jam 08-pagi akan dilakukan UN-BOXING bersama BEA CUKAI Mataram disaksikan pihak MGPA, DORNA, SEKDENAS dan aparat/instansi lainnya yang berkepentingan," tambahnya.


Di tempat yang sama Direktur Operasi Angkasa Pura Logistik (Dirop Aplog) Troficiendy Suroso juga mengatakan, kedatangan logistik untuk WSBK Mandalika tahun 2023 ada tiga tahapan.


Tahapan pertama melalui jalur darat, berikutnya jalur laut dan satunya lagi melalui jalur udara.


"malam ini kita tangani kedatangan logistik WSBK 2023 Manadlikan yang datang melalui jalur udara di Bizam," ungkapnya.


Diketahui bahwa, bebarapa logistik juga sudah ada di Sirkuit Mandalika baik yang dibawa melalui jalur laut, darat atau melalui bandara Ngurah Rai di Bali.


"Alhamdulillah hingga saat ini kondisi pengiriman logistik aman dan terkendali, mudah mudahan semua berjalan lancar dan aman," harapnya.


General Manager of Lombok International Airport. PT Angkasa Pura I Rahmat Adil Indrawan menjelaskan, Bizam Lombok telah menyiapkan segala bentuk dukungan untuk perhelatan World Superbike (WSBK) Mandalika 2023.


Persiapan yang dilakukan untuk mendukung event tersebut meliputi pengembangan terminal yang dulunya hanya bisa menampung 3,5 juta penumpang.


Setelah dilakukan pengembangan dapat menampung penampung hingga 7 juta penumpang untuk setiap tahunnya.


Selain itu ada juga perpanjangan, perluasan dan penguatan Runway dilakukan dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter.


"ini untuk memastikan penumpang berbadan besar, seperti pesawat kargo pembawa logistik WSBK 2023 Mandalika ini, bisa ditampung dan dilayani dengan baik di Bizam Lombok," pungkasnya. (red.)