RNETNEWS,LOMBOK TIMUR-Sekretaris Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Lombok Timur,Nursam menegaskan keputusan Kwarcab Lotim mengenai masalah juara Lomba Tingkat (LT) III sudah final.Dengan tidak bisa dipersoalkan atau perdebatkan lagi,apalagi dengan adanya salah satu peserta yang melayangkan protes tersebut kepada Kwarcab Lotim.‎
" Keputusan Kwarcab Lotim terhadap hasil juara LT III final," tegas Nursam saat diminta tanggapannya,Senin (30|1).

Ia juga menilai terjadinya polemik terhadap persoalan LT III yang diselenggarakan Kwarcab Lotim dari tanggal 21-23 Januari 2023 sebenarnya tidak boleh terjadi. Akan tapi karena Ketua Panitia LT III yang terlalu mengentengkan persoalan sehingga membuat masalah LT III terus membesar.

Karena kalau Ketua Panitia bersama jajaranya tegas maka tentunya hal-hal kecil yang terjadi dalam pelaksanaan LT III tidak akan membesar seperti ini,sehingga menjadi perhatian publik.‎
" Dengan adanya masalah ini tentunya membuka aib  sendiri yang ada di Kwarcab Lotim," ujarnya.‎

Sekretaris Kwarcab Lotim juga menambahkan dirinya secara pribadi dan atasnama Sekretaris Kwarcab Lotim menolak dengan keras adanya keputusan panitia maupun pengurus Kwarcab untuk melakukan lomba ulang sketsa panorama yang diprotes tersebut.

Meskipun itu berdasarkan hasil rapat pimpinan Kwarcab, akan tapi seharusnya tidak diputuskan seperti itu,karena tentunya akan menjadi membias menjadi besar nantinya yang tentunya akan merugikan Kwarcab Lotim sendiri nantinya.‎

" Saya secara pribadi dan atasnama Sekretaris Kwarcab Lotim menolak dilakukan lomba ulang sketsa panorama tersebut,karena Kwarcab sudah mengeluarkan keputusan final juara LT III," tukasnya.

Nursam juga menandaskan adanya kritikan terhadap Kwarcab Lotim seperti dagang tukang sate atau dagang serabi adalah hal yang wajar,karena itu kritikan yang membangun untuk kemajuan organisasi Pramuka kedepannya.

" Dengan adanya kritik membangun membuat kita jadi besar dan jangan alergi dengan kritik," tandasnya.

Begitu juga,lanjutnya, mengaku salut dengan Kwarran Selong sebagai pemenang lomba LT III sesuai dengan SK Ketua Kwarcab Lotim tersebut tetap diam dan tenang. Karena sudah menjadi pemenang LT III.

" Saya salut dengan Kwarran Selong selaku pemenang LT III tidak menanggapi polemik yang berkembang," terangnya.‎(SR).