TpYiGfAoGfYiGUCpGSGoTUr8TA==

Gempa Bumi 5.6 M Guncang Cianjur Jawa Barat, Puluhan Meninggal dan Ratusan Orang Luka-luka





Jawa Barat, RNETnews - Gempa bumi berkekuatan 5.6 Magnitudo menggoncang Cianjur Jawa Barat, hari ini (21/11), pukul 13.21 WIB. Berpusat di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Gempa bermagnitudo (M) 5,6 itu terasa hingga ke wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, seperti Bogor, Sukabumi, Bandung, hingga Depok. Akibatnya banyak bangunan,rumah warga, dan pasilitas umum rubuh pada pusat gempa. 

"Hari Senin 21 November 2022 pukul 13.21.10 WIB wilayah Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,86° LS ; 107,01° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 11 km." Ungkap Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono melalui tulisan di akun instagram pribadinya. 

Gempa ini sendiri diketahui diduga karena ada pergeseran dari Sesar Cimandiri.

"gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar Cimandiri. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( _strike-slip_ )" tandasnya. Daryono. 

Sementara hingga berita ini dimuat, tercatat 56 orang meninggal dunia, dan 700 lebih warga luka-luka akibat gempa ini.

Sekilas Sesar Cimandiri :

Dikutip dari berbagai sumber, Sesar Cimandiri merupakan sesar aktif di Jawa Barat , Setidaknya, ada beberapa gempa bumi besar yang telah terjadi akibat sesar ini, yaitu:

- Gempa Pelabuhan Ratu (1900)
- Gempa Padalarang (1910)
- Gempa Conggeang (1948)
- Gempa Tanjungsari (1972)
- Gempa Cibadak (1973)
- Gempa Gandasoli (1982)
- Gempa Sukabumi (2001)

Disebutkan dalam Jurnal Universitas Padjadjaran (Unpad) Volume 15, Nomor 3, Desember 2017, terdapat 6 struktur sesar regional di wilayah Jawa Barat, yaitu :

 -Sesar Cimandiri
 -Sesar Cipeles
 -Sesar Baribis
 -Sesar Lembang
 -Sesar Pelabuhan Ratu
 -Sesar Citanduy

Sesar sendiri merupakan suatu rekahan pada batuan di mana bagian yang dipisahkan oleh rekahan akan bergerak kepada satu sama lain. Umumnya, sesar dapat terbentuk akibat adanya gaya pada batuan sehingga batuan tidak mampu lagi menahannya.

Sesar Cimandiri adalah sesar besar yang memanjang dari Teluk Pelabuhan Ratu sampai Sekitar Padalarang. Apabila ada pengaktifan gaya geologi di sekitar Teluk Pelabuhan Ratu atau Jawa Barat Selatan, maka sesar ini kerap menjadi media penerus gaya guncangan gempa. (Iwan/net2netnews) 



* Kami mohon maaf atas kesalahan penulisan nama tempat pada judul berita sebelumnya,atas kesalahan tersebut maka kami telah melakukan perubahan pada judul berita yang kami muat ini.

Komentar0

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan,serta bertanggungjawab. Memberikan komentar dengan link yang bersifat promosi otomatis kami hapus.

Type above and press Enter to search.