TpYiGfAoGfYiGUCpGSGoTUr8TA==

Viral Penampakan Batu Raksasa Seukuran Rumah Di Kawasan Cianjur Selatan.


RNETnews, Jawa Barat - Viral di media sosial sebuah photo yang menampilkan sebuah batu berukuran raksasa di dekat sebuah rumah, di dataran area perbukitan hijau di Desa Cikangkareng , Kec.Cibinong ,Kabupaten Cianjur Selatan.Jawa Barat.

" Cukup lumayan jauh kang ke titik Batu iuh mah, dari Kota Cianjur perlu waktu 3 jam kurang lebih , medan jalannya juga ajib " ucap kang Heri ,warga Sukanagara Cianjur  saat @net2netnews hubungi via telpon sore tadi 27/10/2022.

"mun teu salah mah 90km lebih lah jarak dari kota mah, baheula sebelum gempa 2009 saya kadinya teh bari motoran jaman enduro (kalau tidak salah 90 km lebih jaraknya dari kota,dahulu sebelum gempa 2009 saya kesitu sambil motoran jaman enduro. red. )" imbuhnya disertai emot ketawa .

Berawal dari unggahan akun tiktok Ajahcikangkareng video penampakan batu raksasa tersebut menjadi viral.

Video pada akun tiktok tersebut  telah disukai hampir 80.000 kali ,dihiasi 3300 lebih komentar , 4100 kali disimpan , dan 1000 kali lebih dibagikan.

Saat  @net2netnews  tracking lokasi pada aplikasi google earth , Menarik memang, Batu berukuran raksasa lebih dari "sebesar rumah " tersebut bertengger  

Penasaran mendapat informasi lanjut, seperti biasa, kami meluncur ke "mbah gugel" kurah koreh  mencari data / literasi tentang batu iuh tadi .

Kali ini mbah gugel nyerah  kami tak mendapatkan keterangan selain sebuah rilis dari Detikjabar yang kami kutip sebagai berikut .

Tidak ada yang tahu persis kenapa dan kapan batu itu berada di tempat tersebut, berdiri di atas dasar tanah dan bebatuan datar di bawahnya.

"Dari jaman nenek saya tinggal di kampung ini juga batu itu sudah ada , Jadi tidak ada yang tahu persis, sejak kapan batu itu ada di sana," kata Kepala Desa Cikangkareng , Suhendi.

"Disebut batu iuh ,artinya batu teduh , sudah jadi kebiasaan warga desa jika hujan suka berteduh dibawahnya " imbuh suhendi.

Suhendi juga  menjelaskan Batu raksasa itu tak pernah bergeser sedikitpun dari tempatnya. 

Bahkan di kala gempa dahsyat berkekuatan 7.3 yang terjadi tahun 2009 mengguncang dan mengakibatkan tebing batu di Desa Cikangkareng longsor , dan mengakibatkan banyak korban jiwa, Batu Iuh tetap tegar kokoh kuat diam ditempatnya. ( net2netnews ) 

Komentar0

Berkomentar dengan mencantumkan link promosi otomatis kami hapus.

Type above and press Enter to search.