RNETnews,Lombok Timur-Dansa salah satu olahraga yang banyak diminati masyarakat. Tidak saja dari kalangan tua, tapi juga kalangan muda. Kini, Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Langkah Dansa Indonesia (DPW Ildi) Lombok Timur (Lotim) telah terbentuk. DPW Ildi Lotim dinahkodai Iswan Rakhmadi, merupakan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lotim.

Kepengurusan DPW Ildi Lotim, dikukuhkan DPD Ildi NTB, di Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbagik Lotim,Senin (24/10).


Usai dilantik, Ketua DPW Ildi Lotim, Iswan Rakhmadi, mengatakan, ditengah situasi sekarang ini perang budaya sudah dilakukan, baik itu budaya lokal mau pun budaya asing. Tentu, menjadi tugas dan tanggungjawab bersama bagaimana budaya lokal itu tetap dipertahankan. 


Salah satu cara mempertahankan budaya tersebut, melalui senam atau dansa budaya lokal bisa dimasukkan. 


"Ternyata ini adalah olahraga rekreasi yang sangat erat kaitannya dengan pembangunan dunia kepariwisataan. Semangat membangun dunia pariwisata di Lombok Timur, harus dilakukan bersama semua komponen dengan cara berkolaborasi,"katanya.


Disebutkan, banyak komunitas yang selama ini terserak, tidak dalam satu kesatuan. Dengan adanya Ildi ini di Lotim, menjadi sebuah kekuatan besar membangun daerah. "Sesuai janji yang di ikrarkan, bersama pengurus kita akan mengembangkan Ildi di Lombok Timur,"lugasnya.


Mewakili Bupati Lotim, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lotim, H Asrul Sani, mengatakan, tiga jenis olahraga yakni olahraga prestasi, olahraga pendidikan dan olahraga rekreasi. 


Dulu, olahraga prestasi menjadi sebuah daya tarik untuk memenangkan setiap kompetisi. Sedangkan olahraga pendidikan, hingga saat ini belum terintegrasi, apakah siswa harus sekolah dulu ayau olahraga dulu. Olahraga pendidikan ini, masih menjadi sebuah dilema. 


"Olahraga dansa ini bagian dari olahraga rekreasi. Selain membuat sehat, juga bahagia,"terangnya kendati mengakui di Lotim masih minim sarana dan prasana, serta anggaran belum terpenuhi baik. Keterlibatan dunia usaha atau swasta juga belum terlalu besar,"tegasnya.


Menurutnya, Ildi Lotim memiliki kombinasi yang sangat luar biasa. Ia yakin, olahraga dansa ini akan cepat berkembang di Lotim. Tentu, akan menambah warna bagi olahraga Lotim, sebab disamping menjaga kesehatan dan rekreasi, juga menambah kebahagiaan individu mau pun pasangan. Sebuah negara yang disebut maju, bila rakyatnya bahagia.

"Kami salud dengan kombinasi pengurusnya. Ada kepala dinas, wartawan senior, guru, dan sebagainya,"pungkasnya seraya berharap Ildi Lotim terus maju.(Red).