TpYiGfAoGfYiGUCpGSGoTUr8TA==

Pemerintah Akan Segera Merubah Pandemi COVID19 menjadi Endemi.

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa pemerintah akan mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Dikutip dari infobandungkota,pemerintah kini tengah menyusun strategi untuk mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Menkes pun mengaku sudah mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait strategi status dari pandemi menjadi endemi.

“Kami juga mendapatkan arahan dari Bapak Presiden, tadi atas masukan Bapak Menko mengenai strategi dari pandemi menjadi endemi, kami sudah siapkan protokolnya,” kata Menkes, Budi Gunadi Sadikin, dalam jumpa pers virtual, Minggu (27/2/2022).

Ia pun menarik contoh kasus di berbagai negara yang sudah mencabut berbagai pembatasan terkait Covid-19, dengan mempertimbangkan berbagai pendekatan.

Sementara di Indonesia sendiri, kini kasus Covid-19 di lima Provinsi menunjukkan tren menurun.

“Kami memahami bahwa tidak bisa hanya pertimbangan kesehatan atau saintifik saja yang digunakan dan itu juga yang terjadi di negara-negara lain,” ujar Budi.

Untuk itu, Jokowi meminta kajian pertimbangan berbagai pendekatan dilakukan secara seimbang, agar pemerintah dapat menghasilkan keputusan yang baik dan tepat.

“Presiden Jokowi meminta agar keputusan tersebut dipertimbangkan secara matang dengan memperhatikan berbagai pendekatan baik dari sisi sains, kesehatan, sosial, budaya, dan ekonomi,” terangnya.

Menkes menyebut bahwa arahan presiden agar keputusan diterapkan dengan hati-hati, serta harus mengkaji terlebih dulu agar pertimbangan saintifik dan pertimbangan kesehatan menjadi komponen keputusan.

“Berbagai pertimbangan digunakan secara berimbang dengan pertimbangan sosial budaya maupun ekonomi agar bisa menghasilkan keputusan tepat,” ujar Menkes. (red)

Komentar0

Berkomentar dengan mencantumkan link promosi otomatis kami hapus.

Type above and press Enter to search.